Dampak Kenaikan Harga Kebutuhan Pangan, Tantangan bagi Kesejahteraan Masyarakat

Dampak Kenaikan Harga Kebutuhan Pangan, Tantangan bagi Kesejahteraan Masyarakat

Gerakan Pangan Murah di Kota Jambi-Sandi/jektvnews -

JEKTVNEWS.COM - Kenaikan harga kebutuhan pangan adalah masalah global yang telah memengaruhi banyak negara dan masyarakat. harga pangan yang naik dapat berdampak serius pada kesejahteraan ekonomi dan kesehatan masyarakat.

Dalam artikel ini, kami akan membahas dampak kenaikan harga kebutuhan pangan dan tantangan yang dihadapi masyarakat akibatnya.

1. Ketidaksetaraan Akses Kepada Pangan

Ketika harga pangan naik, kelompok masyarakat yang kurang mampu dapat menghadapi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka. Ini mengakibatkan ketidaksetaraan akses terhadap makanan dan dapat memperburuk masalah kelaparan dan malnutrisi.

2. Kesenjangan Sosial dan Ekonomi

Kenaikan harga pangan dapat memperburuk kesenjangan sosial dan ekonomi. Kelompok masyarakat yang lebih mampu mungkin mampu mengatasi kenaikan harga ini, sementara mereka yang berpenghasilan rendah akan lebih terpapar risiko ketidakcukupan gizi dan kelaparan.

3. Peningkatan Kemiskinan

BACA JUGA:7 Obat Alami Mengobati ISPA, Nomor 1 Cukup Mudah di Cari

Kenaikan harga pangan dapat menyebabkan peningkatan kemiskinan, terutama di negara-negara berkembang. Masyarakat yang hidup dalam kondisi miskin menjadi lebih rentan terhadap masalah kesehatan, pendidikan, dan pekerjaan yang buruk.

4. Masalah Kesehatan

Kenaikan harga pangan dapat berdampak langsung pada kesehatan masyarakat. Ketidakcukupan gizi dan malnutrisi akibat kenaikan harga dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius, terutama pada anak-anak dan perempuan hamil.

5. Gangguan Pangan Global

BACA JUGA:OJK Sanksi PT Berlian Aset Manajemen Juga BCA Terkait dalam Kasus Pelanggaran Pasar Modal

Kenaikan harga pangan dapat memicu gangguan pangan global, terutama di negara-negara yang sangat tergantung pada impor pangan. Hal ini dapat menyebabkan ketidakstabilan ekonomi dan politik di tingkat internasional.

Sumber: