Solusi atau Masalah? Pinjaman KUR untuk UMKM

Solusi atau Masalah? Pinjaman KUR untuk UMKM

Daftar Penyalur KUR 2023--

Dalam membangun usaha, modal yang diperlukan tidak sedikit. Semakin besar modal membuka usaha maka peluang berhasilnya usaha tersebut semakin besar dan keuntungan yang diperoleh akan menutupi pinjaman modal. Melalui KUR, limit yang ditawarkan bisa mencapai 500 juta rupiah. 

3. Syarat pengajuan  yang cukup mudah

Untuk mengajukan pinjaman KUR, tidak perlu menyiapkan syarat yang terbelit-belit. Cukup membawa fotocopy KTP, KK, NPWP, surat nikah (bagi yang sudah menikah) kemudian disertai Surat Keterangan Usaha (asli) dan pas foto 4x6. Sementara itu untuk pengajuan pinjaman diatas 50 juta rupiah diperlukan BPKB mobil, SHM, dan SHGB. Persyaratan akan disurvey terlebih dahulu, apabila memenuhi maka akan diproses 1-2 bulan baru akan dicairkan dananya.

4. Pinjaman KUR tanpa jaminan untuk usaha mikro dan usaha kecil

Seperti persyaratan yang sudah disebutkan diatas, untuk pinjaman dengan limit kecil yang biasa digunakan pada usaha mikro dan usaha kecil diajukan tanpa jaminan. Persyaratan hanya menggunakan identitas diri.

Kekurangan KUR

1. Proses pencairan dana yang lama

Dengan durasi pencairan dana 1-2 bulan, tentunya akan membuat masyarakat bertanya-tanya apakah pengajuan modal bisa dicairkan atau tidak.

BACA JUGA:Mengenal Trust Issue, Faktor Penyebab, Ciri-ciri dan Cara Mengatasi

2. Persyaratan pembayaran cicilan yang ketat

Kekurangan pinjaman KUR antara lain adalah pembayaran cicilan yang ketat, seperti pembayaran yang tidak tepat waktu maka akan dikenakan biaya tambahan atau denda. Hal ini akan menjadi masalah apabila usaha yang dijalankan tidak menghasilkan.

3. Persaingan memperoleh pinjaman yang ketat

Apabila ada beberapa data masyarakat yang tidak lengkap, maka dana tidak bisa dicairkan dan proses mengurusnya akan lebih lama lagi dikarenakan banyaknya orang lain yang mengajukan pinjaman. 

Berdasarkan beberapa kelebihan KUR seperti yang disebutkan diatas, KUR dapat menjadi solusi bagi pelaku UMKM. Hal ini dikarenakan pelaku usaha mikro dan usaha kecil tidak diberatkan dari berbagai aspek. Namun KUR juga memiliki beberapa kekurangan, yang dapat menjadi risiko atau permasalahan dikemudian hari apabila usaha yang dimodalkan tidak berkembang. 

Sebelum memutuskan mengajukan pinjaman, ada baiknya dipertimbangkan kelebihan dan kekurangan tersebut untuk meminimalisir masalah dikemudian hari. Perhatikan juga waktu untuk menjalankan usaha serta bagaimana pembayaran akan dicicil agar terhindar dari risiko. Jadi, KUR menjadi solusi atau masalah tergantung bagaimana kita memanfaatkan dan bertanggung jawab atas pilihan tersebut.  

Sumber: