Mengenal Trust Issue, Faktor Penyebab, Ciri-ciri dan Cara Mengatasi

Mengenal Trust Issue, Faktor Penyebab, Ciri-ciri dan Cara Mengatasi

trust issue-ist-

JEKTVNEWS.COM - Istilah trust issue merupakan kecenderungan seseorang yang tidak dapat mempercayai orang-orang disekitarnya. Kondisi ini biasanya ditunjukkan melalui perubahan sikap, perilaku dan cara berinteraksi seseorang. Orang yang mengalami trust issue akan bersikap tidak nyaman ketika berinteraksi dengan orang lain. Bahkan mereka akan cenderung menjauh apabila ada orang lain yang ingin menjalin hubungan.

BACA JUGA:10 Cara Mudah Mencegah Dehidrasi dan Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Gejala trust issue biasanya terjadi dalam hubungan percintaan dan pertemanan bahkan hubungan keluarga. Kondisi ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya, namun dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan kenyamanan orang sekitar. Faktor penyebab dari trust issue sendiri biasanya disebabkan oleh pengalaman masa lalu yang buruk, sehingga akan mengalami trauma yang menyebabkan trus issue pada orang tersebut.

Berikut ini merupakan faktor penyebab dari trust issue:

1. Pengaruh lingkungan sosial

Beberapa pengaruh buruk dari lingkungan sosial seperti pembulian,  dikucilkan, penghinaan dan perundungan. Melalui perlakuan buruk dari lingkungan sosial ini, akan menyebabkan seseorang tidak nyaman lagi ketika berinterikasi dengan orang lain. Mereka akan cenderung menutup diri dan menghindari perkumpulan dilingkungan sosial. Hal ini dikarenakan mereka takut perlakuan buruk dari lingkungan sosial tersebut akan terulang lagi.

2. Pola asuh orang tua

Anak-anak yang dibesarkan dengan pola asuh tidak baik, seperti didikan yang terlalu keras, pertengkaran dan kekerasan didepan anak, serta perkataan yang tidak baik akan memicu rasa takut anak khususnya dalam hubungan percintaan ketika anak besar nanti. Pola asuh yang terlalu keras membuat anak-anak tertekan dan takut ketika menghadapi orang lain. Tidak hanya itu, apa yang anak-anak dengar dan lihat terhadap orang tuanya, akan membuat mereka khawatir terhadap hubungan pernikahan dikemudian hari. Mereka akan cenderung muak dan tidak ingin mengalaminya karena rasa trauma.

BACA JUGA:Kaitan Google AdSense dan Konten dalam Memaksimalkan Pendapatan di Situs Web

3. Kekerasan fisik dan seksual

Kekerasan yang dialami seseorang akan membuat mereka trauma untuk memulai hubungan dengan orang lain. Dalam kasus ini biasanya terjadi dalam hubungan percintaan. Karena takut akan mengalami hal serupa, seseorang yang pernah mengalami kekerasan akan cenderung menjauh apabila didekati seseorang.

4. Kehilangan orang terkasih

Rasa sakit ketika kehilangan seseorang yang dikasihi dapat berlangsung lama. Hal ini membuat seseorang tidak bisa melupakan orang yang menubggalkannya sehingga sulit untuk memulai hubungan yang baru. Tidak hanya itu, mereka juga tidak bisa menumpahkan kasih sayang yang lebih kepada orang baru karena tau rasa sakit apabila kehilangan.

5. Pernah dikhianati

Sumber: