Solusi atau Masalah? Pinjaman KUR untuk UMKM

Solusi atau Masalah? Pinjaman KUR untuk UMKM

Daftar Penyalur KUR 2023--

JEKTVNEWS.COM - Ditengah merosotnya perekonomian saat ini, Kredit Usaha Rakyat (JEKTVNEWS.disway.id/listtag/6590/kur">KUR) menjadi salah satu penunjang Usaha Mikro kecil dan Menengah (JEKTVNEWS.disway.id/listtag/5131/umkm">UMKM). Dengan subsidi  bunga JEKTVNEWS.disway.id/listtag/6590/kur">KUR hanya 6% yang dibebankan kepada pengguna, maka masyarakat lebih tertarik karena tidak terlalu dibebankan bunga untuk membayar kepada bank penyalur. 

Untuk memahami dengan benar keefektifan program KUR khususnya bagi UMKM maka perlu mengenal lebih dahulu apa itu KUR, apa saja kelebihannya untuk menjadi solusi, dan apa kekurangan yang harus dihindari agar tidak menjadi masalah?

Mengenal Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Dilansir dari situs web Kemenko Perekonomian Republik Indonesia, Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan suatu program Pemerintah untuk membantu permodalan UMKM bagi rakyat Indonesia yang diluncurkan pada November 2007 dengan dilandasi keluarnya intruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2007. Program KUR yang diadakan pemerintah ini memiliki tujuan antara lain: 

(1) mempercepat pengembangan sektor riil dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK), 

(2) meningkatkan akses pembiayaan dan pengembangan UMKM dan Koperasi kepada Lembaga Keuangan, 

(3) sebagai upaya penanggulangan/pengentasan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja.  

Adanya kemudahan ini dikarenakan pelaku UMKM di Indonesia dianggap memberikan sumbangsih yang besar untuk menunjang perekonomian Indonesia. Seiring berjalannya waktu, program KUR mengalami perubahan skema subsidi yang terus turun hingga berada di level 6%. Dibalik segala kemudahan untuk menerima KUR, masih banyak masyarakat yang bertanya-tanya apa kelebihan dari KUR lalu apa kekurangan yang menjadi permasalahan untuk memperoleh dan menerima KUR?

Kelebihan KUR

1. Suku bunga rendah

Kelebihan pertama dari pinjaman KUR adalah suku bunga yang rendah dibanding dengan pinjaman komersial lainnya. Sebelum adanya program KUR, masyarakat kesulitan mengajukan pinjaman karena bunga pembayaran pinjaman yang dinilai terlalu besar di bank. 

Selain itu mengajukan pinjaman ke perseorangan juga dipersulit karena dijatuhkan tempo dan tekanan dari rentenir. Kini dengan adanya program KUR yang bunga pinjaman hanya berkisar 2%-6% memudahkan pelaku UMKM untuk mengajukan pinjaman tanpa terbebani oleh bunga pembayaran.

BACA JUGA:PSSI Luncurkan Lagu Berjudul Bersama Garuda

2. Limit pinjaman yang besar

Sumber: