Pembelajaran Menggunakan Model Proyek Pembiasaan Menabung Pada Mata Pelajaran Bahasa

Pembelajaran Menggunakan Model Proyek Pembiasaan Menabung Pada Mata Pelajaran Bahasa

Anak sekolah sedang menabung -Ist-

BACA JUGA:Buruan Daftar! PT NGK Ceramics Indonesia Buka Lowongan Kerja, Cek disini Persyaratannya

Dalam melaksanakan kegiatan ini tentu ada tantangan yang dihadapi. Mulai dari awal pembuatan masih ada ditemukan siswa yang tidak membawa peralatan barang bekasnya atau seadanya saja membawa peralatan yang dibutuhkan.

Menumbuhkan kreatifitas mereka, kepercayaan diri mereka untuk berbicara didepan kelas serta konsistensi menabungnya. 

Akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi niat untuk mengajak siswa melakukan kegiatan ini.

Selain melakukan kegiatan dirumah, di sekolah kita juga melakukan menabung bersama dengan seikhlasnya dengan menyiapkan satu buah celengan yang uangnya dipergunakan untuk kegiatan dan kebutuhan siswa, misalnya pemberian reward.

Hal-hal yang dilakukan dalam menggiatkan kegiatan menabung ini adalah melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan orang tua agar mendukung kegiatan ini dengan menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan.

Jika ada orang tua yang terlewatkan untuk memfasilitasi anak, sehingga tidak sempat membuat celengannya di sekolah maka diberikan kesempatan untuk membuat celengan tersebut di rumah. Jika sudah selesai siswa kembali diminta untuk menjelaskan celengan yang mereka buat.

BACA JUGA:Membantu Mencegah Masalah Jerawat, Berikut Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur yang Perlu diketahui

Presentasi hasil kreasi mereka tidak semudah yang dibayangkan, beberapa siswa sulit untuk mengungkapkannya walaupun hanya membaca tulisannya. Oleh karena itu, adanya reward memotivasi anak-anak dan bersedia berbagi ide di depan kelas.

Setelah selesai di sekolah siswa diminta untuk membawa pulang masing-masing celengannya dan melakukan kegiatan menabung di rumah.

Kegiatan menabung selama dua bulan dipantau dengan cara memberikan lembar kontrol tabungan. Lembar ini dikumpulkan setiap akhir bulan dan diisi siswa dengan sepengetahuan orang tua.

Refleksi dan Hasil Kegiatan

BACA JUGA:Karir Bersama BUMN, PT Bina Pertiwi Buka Lowongan untuk 2 Posisi yang Tersedia, Buruan Daftar disini

Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilakukan dalam membuat tabungan siswa dan merencanakan penggunaan tabungan siswa antusias dan bersemangat ditandai dengan selesainya proyek tabungan mereka.

Walaupun hasil yang mereka buat ada beberapa yang belum maksimal, akan tetapi semua siswa aktif terlibat. Siswa juga berkolaborasi dengan temannya untuk berbagi ide. 

Sumber: