Pembelajaran Menggunakan Model Proyek Pembiasaan Menabung Pada Mata Pelajaran Bahasa

Pembelajaran Menggunakan Model Proyek Pembiasaan Menabung Pada Mata Pelajaran Bahasa

Anak sekolah sedang menabung -Ist-

jektvnews.disway.id/listtag/1336/jambi">JAMBI, jektvnews.COM - jektvnews.disway.id/listtag/4453/menabung">Menabung merupakan salah satu solusi agar bisa berhemat dalam pengeluaran dan disiplin dalam keuangan.

Dengan menabung kita bisa memiliki simpanan uang yang bisa digunakan untuk keperluan mendesak atau membeli barang yang kita inginkan.

BACA JUGA:Sidang Praperadilan, Pemohon Siapkan Bukti-Bukti untuk Membela Kliennya

Karena itu kegiatan menabung baiknya diperkenalkan sejak dini anak memahami pentingnya mengelola uang, merencanakan masa depan keuangan, dan mengembangkan disiplin finansial.

Dewi Sutria, salah satu guru SDN 47/IV Kota Jambi menyampaikan pada awal semester 2 materi Bahasa Indonesia yang mengajarkan tentang nilai mata uang dan kegiatan ekonomi satu di antaranya menabung.

BACA JUGA:Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Minta Ratusan Sumur Bor untuk Karhutla di Audit

Dalam proses pembelajaran penggunaan model pembelajaran Project based learning diterapkan untuk melihat kreatifitas siswa dalam menciptakan tabungannya sendiri. 

Dewi mengatakan kegiatan ini di tujukan untuk anak-anak dimulai dengan membuat tabungan mereka sendiri dengan membawa peralatan yang telah direncanakan dari barang bekas serta peralatan lainnya. 

Pada awal pembelajaran anak-anak diberikan pertanyaan tentang kegiatan menabung, kemudian mereka menyiapkan peralatan yang telah mereka bawa dan menyepakati jadwal pembuatan. 

BACA JUGA:Tips Ampuh Menghilangkan Bau Mulut dengan Mudah

Tabungan dibuat bersama di sekolah dan siswa diberi kebebasan untuk memvariasikan bentuk dan hiasan yang digunakan.

"Setelah tabungan selesai, mereka diminta untuk menuliskan impian mereka terhadap tabungan yang dibuat dalam target yang ditentukan bersama yakni sampai akhir Maret," jelas Dewi.

Masing-masing siswa mempresentasikan pekerjaan mereka didepan kelas dan membahas bahan yang digunakan untuk membuat tabungan, bagaimana cara membuat tabungan, sampai akan digunakan untuk apa tabungan tersebut.

Kegiatan ini bertujuan agar siswa terbiasa untuk menyisihkan uang sakunya dan memotivasi mereka untuk menghargai usahanya mendapatkan atau memberikan sesuatu dengan tabungannya.

Sumber: