Maju Putaran Final Piala Dunia U-23 2024, Indonesia Berhasil Gol 2-0 Melawan Turkmenistan

Maju Putaran Final Piala Dunia U-23 2024, Indonesia Berhasil Gol 2-0 Melawan Turkmenistan

Timnas Indonesia-ist-

JEKTVNEWS.COM - Pertandingan antara Indonesia vs Turkmenistan pada pertandingan terakhir Grup K di Stadion Manahan, Solo, pada hari Selasa (12/9), dimenangkan oleh Timnas Indonesia U-23.

Timnas Indonesia berhasil mendapatkan satu tiket ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Kepastian tersebut diperoleh usai menaklukan Turkmenistan 2-0.

BACA JUGA:WhatsApp Hadirkan Fitur Perpesanan Lintas Platform dari Meta

Sejak babak pertama Indonesia tampil percaya diri dihadapan ribuan pendukungnya. Di menit ke-10 tim asuhan Shin Tae-Yong ini sempat membobol gawang Turkmenistan lewat sontekan Hokky Caraka yang meneruskan umpan Pratama Arhan.

Namun, gol tersebut dianulir wasit Kim Dae Yong dari Korea Selatan karena Arhan lebih dulu dianggap offside. Akan tetapi dari tayangan ulang terlihat Arhan dalam posisi onside.

BACA JUGA:Nggak Perlu Ribet Mikir Jaminan, Bank BNI Hadirkan BNI Fleksi Pinjaman Tanpa Agunan

Indonesia baru benar-benar unggul 1-0 pada menit ke-39, setelah tembakan keras Ivar Jenner dari luar kotak penalti mengenai salah satu pemain Turkmenistas. Alhasil, kiper mati langkah dan bola menembus gawang.

Setelah gol tersebut, permainan semakin seru. Namun, hingga babak pertama berakhir tak ada gol tambahan gol yang tercipta. Indonesia unggul 1-0 atas Turkmenistan di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Indonesia tampil lebih kuat dan semakin percaya diri dalam penguasaan bola. Pada menit ke-54 sundulan Rio Fahmi membentur mistar gawang Turkmenistan usai meneruskan umpan freekick Ivar Jenner.

Di menit ke-70, pelatih Indonesia Shin Tae Yong memasukkan Witan Sulaeman menggantikan Hokky Caraka. Satu menit berada di lapangan, Witan nyaris memblok tendangan kiper Turkmenistan dan mencetak gol, namun wasit menilainya handball.

BACA JUGA:Olahraga Badminton, Seni dan Kesenangan dalam Sepanjang Musim

Kemudian pada menit ke-75, Shin Tae Yong menarik keluar Marselino Ferdinan yang digantikan Muhammad Ramadhan Sananta. Pemain Persis Solo ini bahkan sempat merepotkan pertahanan lawan.

Di masa injury time tepatnya pada menit ke-90+2, Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat sundulan Pratama Arhan usai meneruskan umpan Muhammad Rayhan Hannan.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta dan Indonesia menang 2-0 atas Turkmenistan. Hasil ini sekaligus membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke AFC Cup 2024 di Qatar.

Sumber: