Mengapa Ketika Bangun Tidur Badan Terasa Lemas? Berikut Penjelasannya

Mengapa Ketika Bangun Tidur Badan Terasa Lemas? Berikut Penjelasannya

Bangun Tidur Badan Lemas-klikdokter.com-

JEKTVNEWS.COM - Saat bangun tidur di pagi hari, banyak orang mengalami sensasi lemas dan kurang bertenaga. Fenomena ini sering dianggap sebagai hal yang wajar, tetapi tahukah Anda apa penyebabnya? Ada beberapa alasan mengapa tubuh terasa lemas ketika baru bangun tidur, dan berikut ini beberapa faktor yang mungkin mempengaruhinya:

Kurangnya Tidur atau Kualitas Tidur yang Buruk: Salah satu alasan utama tubuh terasa lemas setelah bangun tidur adalah kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas. Selama tidur, tubuh melakukan proses pemulihan dan pemulihan yang penting untuk memperbaharui energi. Kurang tidur dapat mengganggu proses ini, sehingga tubuh terasa kurang bertenaga saat bangun.

BACA JUGA:Wujud Sinergi Bagi Negeri, Sinsen Kembali Gelar Edukasi Safety Riding

Siklus Tidur dan Bangun Tidur: Tubuh memiliki ritme alami yang dikenal sebagai ritme sirkadian. Saat ritme sirkadian terganggu, misalnya akibat bekerja malam atau tidur terlalu larut, tubuh mungkin akan mengalami gangguan tidur. Akibatnya, tubuh tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup untuk pemulihan, sehingga terasa lemas saat bangun tidur.

Dehidrasi: Saat tidur, tubuh masih aktif untuk menjaga fungsi organ-organ vital. Ini berarti bahwa tubuh masih memerlukan cairan untuk menjalankan proses metabolisme. Jika Anda tidak minum cukup air sebelum tidur atau dehidrasi saat bangun tidur, tubuh bisa merasa lemas dan lesu.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Minta Menjaga Stabilitas Nasional Menjelang Pemilu 2024

Kelelahan Mental atau Emosional: Tidak hanya fisik, tetapi juga kelelahan mental atau emosional dapat mempengaruhi perasaan lemas setelah bangun tidur. Stres, kecemasan, atau beban pikiran yang berat dapat menyebabkan tidur tidak nyenyak dan menyebabkan tubuh merasa lemas.

Hipoglikemia: Ketika Anda tidur, kadar gula darah bisa menurun karena tubuh tetap melakukan metabolisme meskipun Anda sedang tidur. Kadar gula darah yang rendah dapat menyebabkan tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga ketika baru bangun tidur.

Kurangnya Olahraga dan Gaya Hidup Tidak Sehat: Kurangnya aktivitas fisik dan gaya hidup tidak Sehat seperti makan tidak teratur atau makanan yang tidak Sehat juga dapat menyebabkan tubuh merasa lemas setelah bangun tidur. Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan energi tambahan untuk tubuh.

BACA JUGA:Musim Durian di Provinsi Jambi, Inilah 7 Manfaat Konsumsi Buah Durian untuk Kesehatan

Untuk mengatasi rasa lemas setelah bangun tidur, penting untuk mencari tahu penyebabnya dan mengatasi masalahnya. Penting untuk memprioritaskan tidur yang cukup dan berkualitas, menjaga hidrasi yang baik, mengurangi stres, dan mengadopsi gaya hidup sehat. Jika masalah terus berlanjut, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu apakah ada masalah kesehatan yang mendasarinya.

Sumber: