Ketua DPRD Edi Purwanto sebut Pancasila sebagai Philosophische Grondslag

Selasa 04-06-2024,09:10 WIB
Reporter : Tim Jektvnews
Editor : Tim Jektvnews

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto menyatakan Pancasila sebagai Philosophische Grondslag, sumber daripada sumber hukum yang ada di Republik Indonesia. Hal tersebut disampaikan Edi Purwanto usai menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, pada Sabtu pagi.

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang berlangsung di lapangan Kantor Gubernur Jambi, Sabtu pagi (01/06/2024).

BACA JUGA:Puncak Rangkaian HUT Kota Jambi Hiburan Rakyat Harmoni Kota Jambi

Upacara ini dipimpin oleh Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan diikuti oleh unsur Forkompimda dan seluruh OPD di lingkup pemerintah Provinsi Jambi.

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 ini mengangkat tema, Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia Emas 2045. Diharapkan tidak hanya menjadi butir-butir indah saja, akan tetapi implementasi pada kehidupan yang nyata dari nilai butir-butir tersebut bisa dilaksanakan dengan baik.

Saat diwawancarai usai mengikuti upacara, Ketua DPRD Edi Purwanto menyebut bahwa ketika nilai dari tiap-tiap butir pancasila ini dilaksanakan dengan konsisten dan cara-cara yang baik, maka Indonesia dengan masyarakat yang sejahtera, masyarakat yang cerdas dan hidup dalam suasana berkeadilan dapat terwujud.

BACA JUGA:Peringatan Harlah Pancasila di Kota Jambi

Selain itu, Edi Purwanto menerangkan bahwa Pancasila sebagai Philosophische Grondslag sumber dari segala sumber hukum yang ada di Indonesia.

“Pancasila itu yang terindah penggalinya atau kontemplasi dengan alam,  hingga memunculkan hal yang luar biasa sebagai pemersatu bangsa. Menurut saya Hari Pancasila jangan jadi yang indah saja tapi implementasi interpretasinya di kehidupan nyata bisa dilaksanakan,” ucapnya, Sabtu (1/6).

“Dan yakin ketika kita konsisten melaksanakan potensial dengan baik maka Indonesia yang melindungi, Indonesia yang sejahtera, Indonesia yang cerdas dan keadaan sosial bisa berwujud sebagai philosophische grondsalg atau sumber daripada sumber hukum yang ada,” tambahnya.

BACA JUGA:Pendestrian Tapa Malenggang Kabupaten Batanghari di Gelar Kegiatan CFD 2024

Lebih lanjut pada Peringatan Harlah Pancasila 2024 ini, Edi Purwanto mengajak seluruh elemen masyarakat setidaknya mampu menjaga dan menjadikan momentum ini untuk menumbuhkan energi positif membangun Indonesia yang lebih baik lagi.

Kategori :