Ganjar Pranowo Unggul dalam Survei Pilihan Milenial Kampus

Ganjar Pranowo Unggul dalam Survei Pilihan Milenial Kampus

Ganjar Pranowo Unggul dalam Survei Pilihan Milenial Kampus-ist-

JEKTVNEWS.COM - Beberapa survei terbaru telah dilakukan untuk mengetahui pilihan bakal calon presiden (capres) yang diminati oleh milenial kampus. Salah satu lembaga survei, yaitu Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), telah merilis hasil survei menarik terkait hal ini.

Berdasarkan hasil survei LPI, Ganjar Pranowo menjadi calon presiden yang unggul dalam pandangan milenial kampus.

Dari sejumlah indikator yang diukur, Ganjar berhasil memperoleh angka 36,18%, mengungguli dua calon lainnya, yakni Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, yang mendapat nilai 33,75%, dan bancapres Anies Baswedan dengan nilai 30,07%.

Dalam survei ini, beberapa indikator yang dijadikan pertimbangan antara lain rekam jejak, integritas, kompetensi, skill, leadership, nasionalisme, dan keselarasan dengan leadership Presiden Joko Widodo (Jokowi).

BACA JUGA:Desember 2024 Jalan Tol Jambi-Betung Selesai, Edi Purwanto Ungkap Manfaatnya

Dalam hal rekam jejak, Ganjar berhasil meraih angka 37,44%, diikuti oleh Prabowo Subianto dengan 34,3%, dan Anies Baswedan dengan 28,18%. Sementara itu, dalam aspek integritas, Ganjar mendapatkan nilai 36,27%, Prabowo Subianto dengan 33,93%, dan Anies Baswedan dengan 29,80%.

Survei ini dilakukan pada periode 5 hingga 11 Juli 2023, dengan responden berupa milenial kampus yang memiliki pendidikan tinggi (D3, S1, S2, S3) dan rentang usia antara 27 hingga 42 tahun. LPI mengklaim responden memiliki kesadaran tinggi dalam mengamati isu-isu nasional dan memiliki pandangan mandiri terhadap isu-isu politik yang berkembang menjelang pemilu 2024, terutama selama semester pertama tahun 2023.

BACA JUGA:Menko Polhukam Mahfud MD Sebut Buzzer Sulit Teridentifikasi

Metode sampling yang digunakan dalam riset ini adalah cluster sampling, di mana sampel diambil berdasarkan pengelompokkan milenial dari setiap kampus di kota atau provinsi. Jumlah sampel yang berhasil diperoleh adalah sebanyak 700 responden, dengan margin of error sebesar 2,8% pada tingkat kepercayaan ± 97,2%.

Hasil survei ini memberikan gambaran tentang preferensi milenial kampus terhadap calon presiden, dan Ganjar Pranowo terlihat unggul dalam berbagai aspek yang diukur. Tentunya, survei ini akan menjadi acuan dan bahan pertimbangan bagi calon-calon presiden dalam menyusun strategi kampanye menjelang pemilu 2024.

Sumber: