Inilah Alasan Mengapa Banyak Mahasiswa Indonesia Pindah Jadi Warga Negara Singapura

Inilah Alasan Mengapa Banyak Mahasiswa Indonesia Pindah Jadi Warga Negara Singapura

Ilustrasi negara singapura-Pixabay-

JEKTVNEWS.COM - Singapura merupakan salah satu negara yang tergabung ke dalam Asia Tenggara dan terletak berdekatan dengan Negara Indonesia dan Malaysia.

Singapura termasuk negara kecil di Asia yang mempunyai penduduk hanya sekitar 5,5 juta jiwa saja, akan tetapi hal itu tidaklah menjadi persoalan karena Singapura termasuk negara maju di Asean.

BACA JUGA:Turnamen H3RO Esports 4.0 Membuka Era Baru pada Kompetisi Esports di Indonesia

Saat ini ada banyak mahasiswa indonesia yang pindah warga negara ke singapura, hal ini disampaikan oleh Silmy Karim selaku Dirjen imigrasi kementrian hukum dan ham.

Ia menyebutkan ada sekitar 1.000 mahasiswa indonesia pindah setiap tahunnya, melihat kejadian ini tentu banyak orang bertanya-tanya, apakah yang membuat mereka pindah jadi warga negera singapura.

Singapura sendiri merupakan salah satu negara yang sering menjadi incara bagi orang indonesia untuk melanjutkan perguruan tinggi dan diketahui juga pendapatan di singapura juga tinggi.

BACA JUGA:Operasi Patuh Jaya 2023, 14 Sasaran Target Operasi

Dilansir dari Trading Economics, bahwa upah di singapura 7.021 SGD perbulan atau setara dengan Rp 78,8 juta rupiah dengan kurs 11.233.

Dalam hal ini rata-rata usia mereka yang pindah memiliki rentang usia sekitar 25 hingga 35 tahun.

"Sekitar 1.000 orang per tahun , rata-rata ini usia produktif 25-35 tahun" ujar Silmy.

Tercatat jumlah warga negara indonesia yang pindah tahun 2022 kemarin ada sekitar 1.091 orang dan pada tahun 2021 sebanyak 1.070 orang.

BACA JUGA:Raja Terkesan Melihat Abu Nawas Nawas Menjaga Telur Dengan Cara Tak Terduga

Tahun 2023 ini terhitung sampai bulan april kemarin sudah ada 329 orang WNI pindah menjadi warga negara singapura.

Sumber: