Fakta Kencur Bagi Kesehatan Tubuh, No 3 Membantu Mengatasi Masalah Pernapasan

Fakta Kencur Bagi Kesehatan Tubuh, No 3 Membantu Mengatasi Masalah Pernapasan

Fakta Kencur yang Wajib Orang Tahu-Halodoc -

JEKTVNEWS.COM - Kencur, juga dikenal dengan nama latin Kaempferia galanga, adalah tanaman yang umumnya ditemukan di Asia Tenggara. Kencur telah lama digunakan sebagai rempah-rempah dan obat tradisional karena memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang manfaat kencur bagi kesehatan tubuh:

BACA JUGA:Wajib Tahu! Begini Cara Memanfaatkan Bawang Putih Sebagai Obat Alami Pereda Batuk dan Sakit Tenggorokan

1. Sifat anti-inflamasi

Kencur mengandung senyawa aktif seperti gingerol dan flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan meredakan gejala penyakit seperti arthritis, radang tenggorokan, dan gangguan pencernaan.

2. Meringankan masalah pencernaan

Kencur memiliki sifat antasida yang membantu meredakan gangguan pencernaan seperti mual, muntah, dan kembung. Rimpang kencur juga dapat membantu memperbaiki pencernaan dan merangsang produksi enzim pencernaan.

3. Menyehatkan saluran pernapasan

Kencur memiliki sifat ekspektoran dan bronkodilator yang dapat membantu mengatasi masalah pernapasan seperti batuk, pilek, asma, dan bronkitis.

BACA JUGA:Simak! Ini Tips Mengonsumsi Coklat Tanpa Merusak Gigi

Kencur juga memiliki efek menghangatkan pada saluran pernapasan yang membantu mengencerkan dahak dan memperbaiki sirkulasi udara.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kencur mengandung senyawa aktif yang memiliki sifat antioksidan dan imunomodulator. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan radikal bebas, dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

5. Menurunkan kolesterol

Sumber: