Tragedi Kapal Selam Titan Tenggelam dalam Ekspedisi Titanic

Tragedi Kapal Selam Titan Tenggelam dalam Ekspedisi Titanic

Kapal Titanic-Atlantic Production/Magellan-

JEKTVNEWS.COM - Kejadian yang mengguncangkan akhir–akhir ini perihal kapal selam Titan, yang sedang melakukan ekspedisi ke lokasi reruntuhan Titanic, mengalami kecelakaan tragis. Pada Kamis, 22 Juli 2023, dikonfirmasi bahwa kelima penumpang kapal selam tersebut telah kehilangan nyawa mereka setelah kapal tersebut hilang kontak sejak Minggu (18/6). Pernyataan tentang tewasnya semua penumpang tersebut menyusul temuan puing-puing kapal.

Sebelumnya, upaya pencarian dan penyelamatan kapal selam Titan telah dilakukan oleh otoritas Kanada dan Amerika Serikat. Namun, menyelamatkan kapal selam yang tenggelam memang merupakan tugas yang sangat sulit dilakukan.

Sejauh ini tercatat hanya ada empat penyelamatan kapal selam yang berhasil dilakukan sepanjang sejarah:

1. Kapal Selam Royal Navy HMS K13 (1917)

Selama Perang Dunia I pada tahun 1917, kapal selam Royal Navy HMS K13 sedang menjalani pelatihan di Danau Gareloch, Skotlandia.

Sayangnya, kapal selam dengan 80 awak ini gagal naik ke permukaan dari kedalaman 20 kaki dan tenggelam. Kecelakaan terjadi pada tengah malam sehingga misi penyelamatan baru dapat dilakukan keesokan harinya.

BACA JUGA:4 Manfaat Buah Delima yang Jarang Diketahui, Beserta Kandungan Nutrisinya

Menurut Insider, tim penyelamat akhirnya berhasil memasang alat yang membuat kapal selam tersebut naik ke permukaan. Dari 80 awak kapal, 48 berhasil selamat sementara 32 lainnya tewas.

1. USS Squalus (1939)

Pada tahun 1939, kapal selam USS Squalus tenggelam di lepas pantai New Hampshire, AS, dengan membawa 56 personel Angkatan Laut dan tiga warga sipil. Saat itu, katup udara di ruang mesin rusak sehingga air membanjiri kompartemen dan membuat kapal tenggelam hingga kedalaman 240 kaki.

Para penumpang juga menghadapi ancaman keracunan akibat kebocoran gas klorin dari baterai kapal. Sebanyak 26 penumpang tewas, namun 32 awak kapal dan satu warga sipil berhasil mengirimkan tanda lokasi dan kode Morse. Beruntung, kru Angkatan Laut berhasil menyelamatkan mereka keesokan harinya.

BACA JUGA:Belajar Ekosistem Gambut, Dishut Provinsi Kedatangan Mahasiswa Queensland Australia

2. Pisces III (1973)

Penyelamatan Pisces III menjadi penyelamatan kapal selam terdalam dalam sejarah. Kapal selam ini, yang mengangkut mantan pilot Angkatan Laut Roger Mallinson dan Roger Chapman, tenggelam pada September 1973. Keduanya sedang memasang kabel telepon transatlantik saat ditarik oleh kapal permukaan. Namun, kaitan di bagian buritan putus sehingga kapal selam jatuh ke kedalaman 1.575 kaki. Selama dua hari, upaya mengangkat kapal selam tersebut selalu gagal.

Sumber: