Penting untuk Kesehatan, Begini Tips Mencegah Dehidrasi Pada Tubuh

Penting untuk Kesehatan, Begini Tips Mencegah Dehidrasi Pada Tubuh

Ilustrasi dehidrasi pada tubuh-Klikdokter-

JEKTVNEWS.COM - Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang rentan terjadi ketika cuaca panas terutama panas ekstrem seperti yang terjadi baru-baru ini. Mencegah terjadinya Dehidrasi sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sangat penting untuk mengoptimalkan kebutuhan cairan di dalam tubuh karena tubuh kehilangan air setiap harinya secara alami. Jika tubuh kekurangan cairan maka akan menyebabkan terjadinya Dehidrasi.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Ini Pentingnya Peran Asisten Dokter

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah dehidrasi pada tubuh terutama saat cuaca panas :

1. Minum saat merasa haus

Ketika sudah merasa kehausan segeralah untuk minum air putih. Jangan biarkan tubuh kekurangan cairan terutama ketika cuaca panas.

Saat cuaca panas, tubuh mungkin akan membutuhkan asupan cairan yang lebih. Kebutuhan air dapat disesuaikan dengan massa tubuh dan cairan yang keluar melalui keringat.

2. Penuhi kecukupan air

Kecukupan cairan tubuh harus dioptimalkan dengan rutin mengonsumsi air putih. Hal ini tergantung pada jenis kelamin dan tingkat usia. Biasanya laki-laki memiliki kebutuhan cairan yang lebih tinggi daripada perempuan.

3. Konsumsi buah dan sayuran secara rutin

Kandungan air yang tinggi di dalam sayuran dan buah-buahan dapat membantu mencegah dehidrasi pada tubuh.

Melon, stroberi, dan semangka merupakan buah-buahan yang mengandung 90 hingga 99 persen air, sedangkan apel, anggur, jeruk, dan nanas mengandung sekitar 80 dan 89 persen air.

BACA JUGA:Manfaat Perawatan Wajah di Malam Hari: Rahasia Kecantikan yang Terungkap saat Tidur

4. Minum air saat bangun tidur

Membiasakan minum segelas air setelah bangun tidur saat pagi, sangat baik untuk kesehatan tubuh dan dapat mencegah dehidrasi. Selain itu, sesuaikan juga dengan tingkat aktivitas fisik yang di lakukan.

5. Buat rasa air lebih enak

Untuk menambah rasa pada air dapat mencari alternatif lain dengan menambah perasaan lemon atau jeruk nipis kedalam atau bisa juga dengan mengonsumsi jus sayur dan buah-buahan tanpa pemanis dan soda, atau minum teh ginseng.

6. Tetap di dalam ruangan saat cuaca terlalu panas

Jika tubuh terpapar sinar matahari secara berlebihan, maka kandungan air dan garam yang penting di dalam tubuh akan hilang, seperti natrium dan kalium. 

BACA JUGA:5 Manfaat Mandi di Pagi Hari, No 1 Melancarkan Peredaran Darah

Oleh sebab itu, saat cuaca terlalu panas tetaplah berada di dalam ruangan serta hindari mengonsumsi kopi, soda, teh berkafein, serta alkohol karena minuman ini bisa menyebabkan dehidrasi.

Sumber: