Jarang Diketahui, Ternyata Garam Memiliki Dampak Negatif Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Berlebihan

Jarang Diketahui, Ternyata Garam Memiliki Dampak Negatif Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Berlebihan

Garam -Fimela-

JEKTVNEWS.COM - Konsumsi garam berlebihan dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan.

Beberapa dampak yang mungkin terjadi akibat konsumsi garam berlebihan adalah sebagai berikut:

1. Penyakit tekanan darah tinggi

Garam mengandung natrium, dan konsumsi natrium berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Jika tekanan darah tinggi tidak dikendalikan, ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

BACA JUGA:Wajib Tahu!! Inilah 7 Fakta Tentang Kesemutan

2. Penyakit jantung

Konsumsi garam berlebihan dapat berkontribusi pada pengembangan penyakit jantung. Tingginya asupan natrium dapat meningkatkan risiko aterosklerosis (penumpukan plak pada arteri), yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan gagal jantung.

3. Peningkatan risiko penyakit ginjal

Garam berlebihan dapat memperburuk kondisi kesehatan ginjal, terutama pada individu yang memiliki penyakit ginjal yang sudah ada. Hal ini karena ginjal bertanggung jawab untuk mengeluarkan natrium berlebih dari tubuh, dan beban yang berlebihan pada ginjal dapat memperburuk kondisi mereka.

4. Retensi air

Konsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh, yang dapat menyebabkan pembengkakan pada tangan, kaki, atau perut. Retensi air yang berkepanjangan dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan memberikan beban tambahan pada jantung dan pembuluh darah.

5. Osteoporosis

Asupan garam yang tinggi dapat meningkatkan hilangnya kalsium melalui urine. Ini dapat mengurangi kepadatan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis, yang merupakan kondisi di mana tulang menjadi rapuh dan rentan terhadap patah tulang.

BACA JUGA:Tips and Trick Menjalani Hari Agar Lebih Produktif

Penting untuk membatasi konsumsi garam dan menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar asupan natrium harian tidak melebihi 2 gram atau sekitar setengah sendok teh garam dapur.

Mengurangi konsumsi garam dapat membantu menjaga tekanan darah normal, kesehatan jantung, dan mencegah berbagai masalah kesehatan terkait.

Sumber: