6 Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Orang Ketahui

6 Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Orang Ketahui

Ilustrasi Biji Selasih-Diadona-

JEKTVNEWS.COM - Biji selasih, juga dikenal sebagai biji kemangi atau biji basil, memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa manfaat utamanya adalah:

1. Sumber nutrisi

Biji selasih mengandung sejumlah nutrisi penting seperti serat, protein, lemak sehat, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan vitamin B kompleks. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

BACA JUGA:Sosok Dermawan Abdurrahman bin Auf Sebagai Sahabat Nabi

2. Antioksidan

Biji selasih mengandung senyawa-senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

3. Menyehatkan jantung

Biji selasih mengandung asam lemak omega-3, yang merupakan lemak sehat yang diperlukan untuk kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, mengatur tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan profil lipid.

BACA JUGA:Bimbingan Teknis Penggiat P4GN BNN Provinsi Jambi di Lingkungan Masyarakat Tahun 2023

4. Menyokong sistem pencernaan

Serat dalam biji selasih dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

5. Menenangkan sistem saraf

Biji selasih diketahui memiliki efek menenangkan pada sistem saraf. Senyawa seperti eugenol, linalool, dan metil chavicol dalam biji selasih dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kualitas tidur.

BACA JUGA:Workshop Penggiat P4GN BNN Provinsi Jambi di Dunia Usaha/Lingkungan Swasta Tahun 2023

Sumber: