Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Pemersatu Bangsa

Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Pemersatu Bangsa

Tari Nurhasanah Saat Sedang Membaca Buku Berbahasa Indonesia-ist-

JEKTVNEWS.COM - Manusia merupakan makhluk sosial yang setiap saatnya melakukan interaksi antar sesamanya. Dalam berkomunikasi yang baik tentunya, setiap individu menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami. bahasa menjadi salah satu cara berkomunikasi yang biasa dilakukan setiap berinteraksi dengan lawan bicara.

Di Indonesia, setiap masyarakatnya menggunakan bahasa Indonesia sebagai pemersatu sebagai Bahasa nasionalnya, namun perlu diketahui, ternyata Indonesia memiliki berbagai bahasa daerah di setiap tempatnya.

BACA JUGA:Rekrutmen BUMN 2023, Berikut Cara Ampuh Agar Lulus Seleksi

Dalam kajian pengembangan bahasa dan kemendikbud republik Indonesia pada tahun 2017, setidaknya terdapat 652 bahasa daerah di indonesia yang telah melalui proses identifikasi dan divalidasi. 

Kemudian, pada tahun 2023 besaran bahasa daerah juga di kemukakan oleh Ethnologue, bahwa, indonesia memiliki 715 bahasa daerah dan termasuk negara pemilik terbanyak kedua setelah papua nugini 840 bahasa daerah.

BACA JUGA:Gangguan Tidur Hingga Kinerja Otak, Berikut Dampak Kafein Pada Kopi

Berdasarkan amanat UU No. 24/2009 Kepala Badan Bahasa Indonesia mengatakan bahwa, pada hakikatnya bahasa indonesia wajib diterapkan dalam rambu umum, petunjuk jalan, Fasilitas umum. Hal itu dikarenakan, bahasa indonesia, merupakan bahasa persatuan yang harus digunakan sebagai identitas kita sebagai warga negara indonesia supaya tidak hilang begitu saja.

Bahasa yang akurat membuat kita mudah mengutarakan ide, perasaan, dan dapat membuat pikiran kita lebih mendalami tentang suatu pembahasan, serta dapat memperkaya literatur dengan berbagai penulisan dan karya yang memvisualkan suatu kebudayaan yang ada di Indonesia.

BACA JUGA:Inilah Sebab Naik dan Turunnya Harga Emas

Pentingnya peningkatan bahasa indonesia sangat penting, agar kita dapat mengerti pentingnya bahasa indonesia sejak dini, agar tidak hanya mengetahui bahasa daerah saja, namun juga dapat dengan lugas berbahasa indonesia dengan baik dan benar. 

Berikut ada beberapa cara untuk peningkatan berbahasa indonesia, yaitu:

1. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Berkualitas

Pendidikan bahasa indonesia yang baik, dengan meningkatkan kualitas pendidikan bahasa di sekolah dan perguruan tinggi. Kurikulum yang dikembangkan memperkuat pemahaman siswa tentang tata bahasa, kosa kata, dan kemampuan komunikasi.

2. Peningkatan Literasi

Sumber: