Keutamaan Banyak Membaca Shalawat Kepada Rasulullah Muhammad Pada Hari Jumat

Keutamaan Banyak Membaca Shalawat Kepada Rasulullah Muhammad Pada Hari Jumat

Memperbanyak baca shawalat pada hari jumat-Freepik-

JEKTVNEWS.COM - Hari jumat merupakan hari agung bagi umat islam, ada banyak keutamaan-keutamaan ataupun Fadhilah pada hari jumat. Selama waktu satu minggu hari jumat adalah hari yang paling utama.

Jumat disebut juga hari yang mulia karena ada begitu banyak amalan wajib dan sunnah yang bisa kita kerjakan. Seperti sholat wajib Jumat, dimana kita bisa merasakan hubungan silaturahmi kembali dengan sesama saudara muslim.

BACA JUGA:Ketahui 5 Pencegahan Panu Secara Herbal

Adapun ibadah-ibadah lainnya seperti memberi santunan kepada anak yatim,kaum dhuafa, bersedakah kepada fakir miskin, membaca surah Al-Kahfi dan yang tidak boleh ketinggalan yaitu bershawalat kepada nabi Muhammad SAW.

Shalawat kepada nabi merupakan sebuah bentuk penghormatan keagungan kepada baginda Rasulullah SAW, bahkan Allah dan para malaikat pun ikut bershalawat kepada nabi sebagaimana firman-Nya di dalam surah Al-Ahzab ayat ke-56

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya: Sesungghnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan.

Dalam sebuah hadist juga disebutkan keutamaan dari bershalawat yang artinya sebagai berikut:

“Dirirwayatkan dari Anas radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah salallahu ‘alaihi wasalam bersabda: “Barangsiapa bershalawat kepadaku di hari jumat sebanyak 100 kali, maka Allah akan mengabulkan baginya 100 hajat”

BACA JUGA:Menarik! Inilah 5 Manfaat Daun Sirih Cina yang Belum Diketahui Banyak Orang

Dapat kita ketahui bahwa ada banyak sekali manfaat yang kita peroleh dengan banyak-banyak baca shalawat, karena shalawat yang kita bacakan akan tersampaikan kepada nabi oleh malaikat atas perintah Allah.

Dan juga Nabi Muhammad SAW akan memberikan syafaatnya kelak di hari kiamat kepada orang yang telah membaca shalawat untuknya.

BACA JUGA:Amalan Untuk Mendatangkan Rezeki Bukan Sholat Dhuha, Berikut Penjelasan Dari Gus Baha

Oleh karena itu, dengan sering bershalawat kepada Nabi semoga kita selalu mendapatkan curahan serta ampunan dari Allah SWT serta mendapatkan syafaatnya di hari akhir kelak. Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.

Sumber: