1 Juni Memperingati Hari Lahir Pancasila, Inilah Sejarah dan Maknanya

1 Juni Memperingati Hari Lahir Pancasila, Inilah Sejarah dan Maknanya

Lambang Burung Garuda-Tribun-

JEKTVNEWS.COM - Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia. Konsep dan prinsip-prinsip Pancasila dikemukakan pertama kali oleh Bapak Proklamator Indonesia, Soekarno, pada tanggal 1 Juni 1945 dalam pidato yang dikenal sebagai "Pidato Pancasila". Hari lahirnya Pancasila ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila dan diperingati setiap tanggal 1 Juni di Indonesia.

Pada masa awal kemerdekaan Indonesia, terdapat berbagai perdebatan dan perbedaan pendapat mengenai ideologi negara yang akan diadopsi oleh Indonesia. Perjuangan tersebut mencapai titik kritis pada tanggal 1 Juni 1945, saat Soekarno menyampaikan pidato yang kemudian dikenal sebagai "Pidato Pancasila" di hadapan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

BACA JUGA:6 Olahraga Ringan yang Harus Dilakukan Saat Pagi Hari Agar Badan Tampak Sehat dan Bugar

Dalam pidatonya, Soekarno menyampaikan visi dan misinya tentang dasar negara yang akan menjadi landasan bagi Indonesia merdeka. Ia mengusulkan lima prinsip dasar yang disebut Pancasila. Prinsip-prinsip tersebut adalah:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Mengakui adanya Tuhan sebagai pencipta dan pemelihara alam semesta.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Menghormati martabat setiap manusia dan mengutamakan keadilan serta keberadaban dalam hubungan antarmanusia.

BACA JUGA:Makna di Balik Logo Nusantara, Ternyata Mengandung Sejarah Bahari Indonesia

3. Persatuan Indonesia

Menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia yang beragam, dengan menghormati perbedaan suku, agama, ras, dan adat istiadat.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Mengutamakan demokrasi dengan prinsip musyawarah dan mufakat serta menjunjung tinggi kebijaksanaan dalam pengambilan keputusan.

BACA JUGA:Jangan Lupa, Besok Pendaftaran Kartu Prakerja Resmi Dibuka

Sumber: