Simak! Selain Karena Usia, Orang dengan Kondisi Ini Lebih Rentan Mengalami Osteoporosis

Simak! Selain Karena Usia, Orang dengan Kondisi Ini Lebih Rentan Mengalami Osteoporosis

Osteoporosis-Mitra Sehat-

JEKTVNEWS.COM - Osteoporosis merupakan hal yang paling diwaspadai oleh orang usia lanjut. Osteoporosis ini sendiri adalah masalah yang mampu membuat tulang menjadi lemah dan rapuh.

Osteoporosis dapat membuat postur pengidapnya membungkuk hingga mampu berisiko mengalami patah tulang.

BACA JUGA:5 Obat Herbal Alami yang Dapat Mengatasi Sakit Lutut dan Nyeri Sendi

Patah tulang yang disebabkan oleh osteoporosis ini biasanya rentan terjadi pada bagian pinggul, pergelangan tangan dan tulang belakang. 

Kepadatan tulang seiring bertambahnya usia akan semakin menurun. Tidak hanya itu pembentukan tulang yang baru pun akan semakin melambat dan tidak seimbang dengan yang mengeropos. 

Dilansir dari halodoc, Selain karena faktor usia, orang dengan kondisi berikut ini juga rentan mengalami osteoporosis :

1. Yang memiliki Keturunan Osteoporosis

Jika dari keturunan kakek, nenek, atau bahkan orangtua anda memiliki tanda-tanda osteoporosis, misalnya seperti patah tulang pinggul setelah jatuh ringan, maka kemungkinan besar anda juga bisa mengalaminya di kemudian hari. 

2. Wanita

Wanita yang sudah menginjak usia 50 tahun ke atas merupakan individu yang paling rentan terserang osteoporosis. Alasannya, karena tulang wanita lebih ringan dan memiliki peluang umur yang lebih panjang. Walau begitu, Pria juga berisiko mengalami osteoporosis ini dengan peluang yang lebih kecil. 

BACA JUGA:Rutin Dikonsumsi, 5 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan yang Bisa Didapatkan

3. Struktur Tulang dan Berat Badan

Orang yang memiliki tubuh mungil atau berat badannya kurang justru memiliki peluang yang lebih besar mengalami osteoporosis. Hal ini disebabkan karena wanita dengan postur tersebut memiliki tulang yang lebih sedikit untuk dihilangkan dibandingkan dengan orang gemuk yang punya kerangka lebih besar. 

4. Pernah Patah Tulang

Jika sebelumnya anda pernah mengalami patah tulang, anda mungkin akan berisiko mengalami osteoporosis di kemudian hari. Hal ini disebabkan karena kondisi tulang anda yang sudah tidak begitu kuat lagi. 

5. Etnis

Wanita Kaukasia dan Asia memiliki risiko yang lebih besar mengembangkan osteoporosis dibandingkan wanita dari etnis lain. Risiko patah pinggul juga memiliki peluang lebih besar dialami wanita Kaukasia daripada wanita Afrika-Amerika.

6. Mengidap Penyakit

Orang yang mengidap atau memiliki penyakit tertentu, misalnya seperti rheumatoid arthritis akan mempunyai kemungkinan osteoporosis lebih besar daripada yang lain. 

7. Mengonsumsi Obat

Penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka waktu yang panjang, seperti prednison mampu meningkatkan risiko osteoporosis yang lebih besar. Jika anda sedang meminum obat ini, maka sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter lebih lanjut terkait manfaat dan efek sampingnya dalam jangka waktu panjang.

BACA JUGA:Cek Fakta : Menjaga Kebersihan Handuk Sangat Penting untuk Kesehatan

8. Pola Hidup Tidak Sehat

Merokok dan minum alkohol merupakan salah satu bentuk gaya hidup yang akan mempengaruhi kondisi tulang. Tidak hanya itu, merokok dan minum alkohol juga mampu menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Minum alkohol dengan jumlah banyak bisa menyebabkan penipisan tulang dan akan lebih mungkin membuat patah tulang.

Beberapa hal yang dapat menghindari resiko osteoporosis seperti rutin latihan beban dan latihan kekuatan untuk meningkatkan kekuatan tulang. Selain itu, hal lainnya adalah anda perlu mendapatkan kalsium dan vitamin D yang cukup. 

Sumber: