Cek Fakta : Menjaga Kebersihan Handuk Sangat Penting untuk Kesehatan

Cek Fakta : Menjaga Kebersihan Handuk Sangat Penting untuk Kesehatan

Handuk-Beautynesia-

JEKTVNEWS.COM - Handuk merupakan salah satu barang yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Dilansir dari halodoc, Handuk digunakan untuk mengeringkan tubuh setelah mandi dan membersihkan tangan, wajah serta bagian tubuh lainnya.

BACA JUGA:7 Tips Mengatasi Bruntusan Pada Wajah

Handuk memang umumnya digunakan beberapa kali tanpa dicuci, tetapi jika Anda mencium bau yang tidak sedap atau dirasa sudah cukup kotor segeralah untuk mencucinya, karena ini merupakan indikasi untuk pertumbuhan jamur dan bakteri.

Jamur yang terdapat pada handuk yaitu patogen yang dapat menyebabkan tinea cruris (jock itch), jamur ini dapat menyebar melalui handuk hang digunakan bersama.

Adapun jamur dermatofita, yaitu jamur yang menyebabkan kutu air dan dapat menyebabkan infeksi pada luka dikulit  atau kulit yang sensitif.

Ada juga bakteri Staphylococcus, bakteri ini bisa menyebabkan infeksi yang lebih serius. Jika bakteri ini masuk melalui luka, maka infeksi yang terjadi akan menjadi kebal terhadap antibiotik.

BACA JUGA:Waw! Ini Manfaat Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh

Yang perlu anda ketahui juga bahwa handuk juga bisa menyebarkan bakteri penyebab jerawat. Karena itu, akan lebih baik jika tidak berbagi handuk dengan orang lain.

Seringkali kita menganggap kebersihan handuk terlihat sepele, padahal hal ini sangat mempengaruhi kesehatan kita.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kebersihan handuk perlu diperhatikan :

1. Kuman dan Bakteri

Handuk akan menyerap kotoran dan bakteri yang ada di kulit kita setiap kali kita menggunakan nya. Jika tidak mencucinya secara teratur, handuk dapat menjadi sarang bagi bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan virus penyebab infeksi kulit, jerawat, bahkan penyakit yang serius seperti hepatitis A atau C.

2. Bau tak sedap akibat tidak menjaga kebersihan handuk

Handuk yang jarang dicuci secara berkala akan menimbulkan bau tak sedap. Hal ini bisa terjadi karena bakteri dan kuman yang berkembang biak pada handuk tersebut.

Oleh sebab itu, handuk harus dicuci secara teratur agar dapat menimbulkan bau yang tidak enak di kamar mandi atau kamar tidur.

BACA JUGA:Simak! Begini Cara Menjaga Kesehatan Kulit dari Bahaya Panas Ekstrem

3. Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit

Kesehatan kulit dapat terpengaruh apabila kita tidak menjaga kebersihan handuk. Handuk yang tidak dicuci secara teratur, akan menyebabkan kotoran dan minyak dari kulit menumpuk di dalamnya.

Sumber: