Sayyidul Ayyam! Keutamaan Hari Jumat yang Perlu Kita Ketahui

Sayyidul Ayyam! Keutamaan Hari Jumat yang Perlu Kita Ketahui

Hari Jumat-ist-

JEKTVNEWS.COM - Jumat adalah penghulu dari segala hari yang memiliki keistimewaan dan keutamaan di dalamnya. Hari Jumat merupakan hari besar bagi umat islam bahkan ada ibadah khusus yang dilakukan yaitu sholat Jumat.

Sholat jumat merupakan ibadah wajib yang haru dilakukan pada siang hari atau bisa dibilang sebagai pengganti sholat dzuhur.

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan Al-Hakim yang artinya:

BACA JUGA:Mengenal Masalah Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

“Barangsiapa yang membasuh pakaian dan kepalanya, mandi bergegas jumatan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan imam, mendengarkan khutbah dan tidak main-main, maka setiap langkahnya mendapatkan pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun” (HR. At-Tirmidzi dan Al-Hakim).

Menurut Imam At-Tirmidzi bahwa status hadits ini hasan dan mencapai derajat sahih menurut Imam Al-Hakim.

Al-Quran di surah 62 (Al-Jumuah) juga ada menjelaskan tentang sholat jumat pada ayat ke-9 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman apabila telah diseru untuk melaksanakan sholat jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”.

BACA JUGA:Semarak HUT Kota Jambi, Besok Tanggal 20 Mei, Kegiatan Jambi Bertabur Diskon Dimulai

Dalam sebuah hadist yang lain Rasulullah shollallahu ‘alaihi wassalam menganjurkan untuk perbanyak sholawat pada hari jumat.

Artinya: perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari dan malam jumat. Barangsiapa membaca shalawat untukku satu kali, maka Allah membalasnya seupuluh kali (HR. Al-Baihaqi)

Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa’ala ‘ali muhammad 

BACA JUGA:Selain Gurih dan Enak, Inilah 7 Manfaat Kuaci yang Tersembunyi

Semoga kita senantiasa selalu memperbaiki diri dengan memperbanyak sholawat kepada nabi dan amalan-amalan lain seperti sedekah di hari jumat, memperbanyak doa dan semoga kita mendapatkan keutamaan di hari jumat.

Sumber: