Ini Kata Ustadz Abdul Somad Tentang Ketatapan Tuhan Soal Kehidupan

Ini Kata Ustadz Abdul Somad Tentang Ketatapan Tuhan Soal Kehidupan

Ustadz Abdul Somad-Channel Youtube Abdul Somad-

JEKTVNEWS.COM - La Haula Wala Quwwat Illa Billah, tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuataan Allah yang maha tinggi lagi Maha agung. Memaknai potongan surah Al – Kahf ayat 39 tersebut bahwasanya tidak ada yang terjadi dan berjalan di muka bumi ini kecuali atas izin Allah atau berdasarkan kehedak-Nya.

Sehingga menepis segala kalimat dan presepsi mengenai perisyiwa "kebetulan".

Melalui video ceramah Ustadz Abdul Somad (UAS) yang diunggah di akun youtube resminya, menjelaskan perihal hidup adalah pilihan dan kebetulan melalui sesi tanya jawab antar para jamaah.

BACA JUGA:6 Benefits of Eating Eggs in the Morning

Diselintingi gurau, UAS menjelaskan perihal Qada dan Qadar Allah, dimana semua yang terjadi kini sebab ketetapan Allah Swt

Kerap kali kita temukan banyak orang yang risau perihal kehidupan, padahal hidup dan mati diatur oleh Allah, juga berkurang dan bertambahnya rezeki. Risau perihal dunia artinya meragukan kekuasaan Allah, dimana hal ini juga berimbas pada ke-tauhid-annya kepada Allah.

BACA JUGA:Pemerintah Kota Jambi Tunda Selama 6 Bulan Kenaikan Tarif PDAM Tirta Mayang

Tauhid sendiri dimaknai  satu atau tunggal yang artinya segala sesuatu akan kembali kepada Allah dan oleh sebab itu, hendaklah manusia untuk mengadu kepada Allah perihal apapun, karena sesungguhnya Allah tidak pernah lalai dalam mendengar doa hambanya.

Walau dikatakan semua yang terjadi dimuka bumi ini atas seizin Allah, namun tidak semua yang terjadi pula di ridhio oleh Allah, sebab itu dikatakan hidup adalah pilihan bukan kebetulan.

Contoh sederhananya ialah, dalam melaksanakan sholat subuh, bangun dan melaksanakan, atau tetap tidur dan meninggalkan kewajiban.

BACA JUGA:Sejarah Misi Pesawat Catalina RI 005 dalam Mempertahankan Kemerdekaan RI di Jambi

Dua pilihan tersebut adalah pilihan yang diridhoi oleh Allah dan juga pilihan yang dimurkai oleh Allah Swt. Kemudahan dalam menjalani hidup bisa saja menjadi tanda bahwa ridho Allah menyertai pilihan hidup kita.

Dan juga, kesusahan atau peristiwa buruk yang terjadi pada kita bisa saja menjadi murka Allah sebab melaksanakan pilihan yang tidak di ridhoi oleh Allah Swt.

Dengan ceramah singkat tersebut, hendaklah setiap langkah atau pilihan yang kita ambil nantinya ada pada jalan yang diridhoi oleh Allah, dan lebih berlapang dada pada setiap hal yang terjadi dalam kehidupan, karena yakin bahwa hal tersebut tidak semata–mata terjadi karena kebetulan melainkan karena kehedak Allah, dan tak luput pula untuk terus berdoa dan meminta kepada Allah agar dikelilingi rahmat dan karunianya sehingga diberikan kehidupa yang mulia serta diberikan kondisi sebaik – baiknya oleh Allah Swt.

Sumber: