WOW!! Ternyata Musik di Indonesia Sudah ada Sejak Masa Penjajahan Belanda

WOW!! Ternyata Musik di Indonesia Sudah ada Sejak Masa Penjajahan Belanda

ilustrasi Musik-kamerabudaya-

JEKTVNEWS.COM - Sejarah musik di Indonesia bermula pada masa prasejarah, ketika manusia pertama kali menetap di wilayah Indonesia. Namun, perkembangan musik modern di Indonesia dimulai pada masa penjajahan Belanda. Berikut adalah beberapa tahap perkembangan musik di Indonesia:

1. Masa Penjajahan Belanda (1600-1942)

Pada masa ini, musik di Indonesia sangat dipengaruhi oleh musik Barat dan Eropa. Musik di Indonesia pada masa ini bercampur dengan musik tradisional Indonesia dan unsur-unsur musik tradisional dari India, China, dan Arab.

BACA JUGA:WOW!! Ternyata Musik di Indonesia Sudah ada Sejak Masa Penjajahan Belanda

2. Masa Pergerakan Kemerdekaan (1945-1950)

Pada masa ini, musik di Indonesia sangat dipengaruhi oleh musik keroncong. Musik keroncong menjadi musik yang sangat populer dan banyak dinyanyikan pada saat itu.

BACA JUGA:Usai Kegiatan KTT ke 42 ASEAN, Presiden Jokowi Buka Peluang Kerjasama Ekonomi

3. Era Rock N Roll (1960-an)

Pada era ini, musik rock mulai masuk ke Indonesia. Grup musik seperti Koes Bersaudara, Dara Puspita, dan Panbers menjadi populer pada masa itu.

4.  Era Musik Pop (1970-an)

Pada era ini, musik pop mulai populer di Indonesia. Grup musik seperti Koes Plus, God Bless, dan Gombloh menjadi populer pada masa itu.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat yang Dapat Dikunjungi Saat Malam Minggu

5.  Era Musik Dangdut (1970-an - sekarang)

Pada era ini, musik dangdut menjadi sangat populer di Indonesia. Musik dangdut memiliki pengaruh musik India, Arab, dan Malaysia.

Sumber: