Zikril ke Australia, Grace ke Singapura, Wakil Jambi Pertukaran Pemuda Antar Negara

Zikril ke Australia, Grace ke Singapura, Wakil Jambi Pertukaran Pemuda Antar Negara

Zikril dan Grace dua mahasiswa Unja yang terpilih sebagai delegasi PPAN Provinsi Jambi 2023-Foto: Tangkap Layar unja.ac.id-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Dua pemuda Jambi, Muhammad Zikril Pratama dan Grace Martini berhasil menjadi delegasi dalam program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Jambi 2023.

 

Program yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi ini diumumkan di Shang Ratu Hotel pada Kamis (04/05/2023).

 

Terpilih Zikril sebagai delegasi utama putra PPAN ke Australia (Australia-Indonesia Youth Exchange Program).

 

Sementara Grace sebagai delegasi utama putri ke Singapura (Singapore-Indonesia Youth Leadership).

 

Keduanya adalah mahasiswa Universitas Jambi. Muhammad Zikril Pratama kuliah di Prodi Ilmu Hukum FH dan Grace Martini di Prodi Manajemen FEB.

 

Zikril dan Grace berhasil menyisihkan 20 finalis lainnya setelah melewati serangkaian tes.

 

“Saya memiliki motivasi yang kuat untuk mengikuti seleksi PPAN ini karena saya ingin memperluas pandangan dunia dan meningkatkan pengalaman internasional saya,” ujar Zikril seperti dikutip di situs unja.ac.id.

 

Ia yakin program ini akan memberikan pengalaman hidup yang tak terlupakan dan membantu dirinya menjadi pemimpin masa depan yang dapat berkontribusi secara positif pada masyarakat internasional.

 

Untuk lulus menjadi delegasi, Zikril mengaku telah melakukan berbagai persiapan.

 

Diantaranya mempelajari informasi mengenai program dan persyaratan seleksi, mengevaluasi kekuatan dan kelemahannya sebagai kandidat, serta mempersiapkan diri secara fisik dan mental untuk menghadapi tantangan seleksi.

 

Ia juga menyimpan beberapa harapan setelah mengikuti program ini. “Pertama, saya berharap dapat meningkatkan keterampilan bahasa Inggris saya melalui interaksi dengan peserta dari negara lain,” lanjutnya.

 

Kedua, ia berharap dapat memperluas jaringan sosial dan profesional saya dengan bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki latar belakang dan pengalaman yang berbeda.

 

Terakhir, ia berharap dapat mempelajari budaya dan nilai-nilai dari negara lain dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, serta berkontribusi positif pada masyarakat internasional melalui pengetahuan dan keterampilan yang ia peroleh.

 

Dekan FH UNJA, Dr. Usman, S.H., M.H., menjelaskan bahwa keberhasilan Zikril menjadi pendorong indikator kinerja utama UNJA dan realisasi program internasionalisasi Fakultas Hukum.

 

“Ini merupakan bagian dari program internasionalisasi FH UNJA, berupa pengembangan jaringan internasional dan peningkatan prestasi mahasiswa FH UNJA. Prestasi Zikril dapat pula dijadikan sebagai pendorong IKU universitas,” ujarnya.

Sumber: