WOW!! Khasiat Tumbuhan bajakah Ternyata Dapat Mengobati Penyakit Berat, Cek Penjelasannya

WOW!! Khasiat Tumbuhan bajakah Ternyata Dapat Mengobati Penyakit Berat, Cek Penjelasannya

Tumbuhan Bajakah-egindo-

JEKTVNEWS.COMTumbuhan bajakah yang berada di Desa Nyogan, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muara Jambi, Provinsi Jambi biasanya digunakan sebagai obat untuk mengembalikan stamina setelah seharian bekerja, dan obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tumbuhan bajakah tergolong sebagai Tumbuhan bajakah tampala.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan, tumbuhan bajakah tampala mengandung beberapa senyawa yaitu fenolik, flavonoid, tanin, dan saponin. Penyakit degeneratif seperti diabetes, kanker, dan tumor dapat diobati dengan kandungan senyawa yang terdapat di dalam tumbuhan kekaet ini.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca di Jambi Tanggal 11 Mei, Hati-Hati Merangin dan Tebo Berpotensi Hujan Petir dan Angin

Dikutip dari Journal of Physics, penyakit seperti kanker dapat diobati dengan tumbuhan bajakah tampala. Batang kekaet dapat diolah menjadi minuman teh herbal. Pada saat ini, teh Bajakah dianggap mampu menyembuhkan penyakit diabetes dan kolestrol.

Jenis tumbuhan ini memiliki ciri-ciri batang yang merambat, bentuk daun menyirip dan tangkai daun menyerupai kait-kait sehingga sering disebut oleh masyarakat sekitar sebagai tumbuhan kekaet. 

BACA JUGA:7 Manfaat Utama Minum Air Putih Saat Bangun Tidur, No 2 Cocok Bagi yang Tidak Ingin Berat Badan Naik

Tumbuhan ini sering dimanfaatkan SAD sebagai pengobatan karena memiliki banyak manfaat, terutama pada bagian batang. Kandungan senyawa dalam tumbuhan ini diantaranya adalah antioksidan yang dapat menjadi penawar radikal bebas dan racun.

Pemanfaatan tumbuhan ini dapat dilakukan oleh masyarakat melalui pengolahan akar tumbuhan tersebut menjadi produk olahan teh.

Sumber: