Benarkah Minum Oralit Saat Puasa Dapat Mencegah Haus? Ini Faktanya

Benarkah Minum Oralit Saat Puasa Dapat Mencegah Haus? Ini Faktanya

Ilustrasi Minum-Moeslema-

jektvnews.com - Oralit adalah salah satu produk yang dapat membantu menjaga keseimbangan hidrasi dalam tubuh. Oralit mengandung elektrolit yang berfungsi untuk mengganti cairan dan elektrolit yang hilang dari tubuh akibat kekurangan cairan. 

Produk ini biasanya digunakan oleh atlet atau untuk mengobati dehidrasi sedang karena diare, muntah, atau kondisi lainnya.

Dalam kasus dehidrasi sedang, oralit cocok untuk dikonsumsi. Selain mengandung air, oralit juga mengandung glukosa dan elektrolit dalam jumlah tertentu. Elektrolitnya adalah kalium dan natrium.

BACA JUGA:Dewan Provinsi Jambi Beri Support ke Ditlantas Polda Jambi

Komponen-komponen ini membantu memaksimalkan penyerapan cairan di saluran pencernaan. Saluran pencernaan bergantung pada Sodium-Glucose Cotransporters (SGLTs), yang merupakan pembawa protein dalam sel-sel usus tubuh.

Cotransporters membantu memindahkan zat melintasi membran dalam tubuh yang memungkinkan untuk meningkatkan penyerapan cairan dalam tubuh. 

Namun, apakah minum oralit dapat membantu dalam menjaga keseimbangan hidrasi selama berpuasa? Oralit adalah minuman yang terbuat dari air, gula dan elektrolit, khususnya kalium dan natrium.

BACA JUGA:Langsung Mengonsumsi Makanan Berat Ketika Buka Puasa Tidak Dianjurkan. Ini Alasannya

Selama berpuasa penggunaan Oralit tidak dianjurkan karena oralit mengandung gula dan garam yang cukup tinggi. Konsumsi oralit secara berlebihan dapat mengakibatkan kenaikan kadar gula darah dan tekanan darah.

Selain itu, konsumsi oralit juga tidak dapat menggantikan kebutuhan nutrisi lain yang berperan untuk metabolisme tubuh selama berpuasa. Kebutuhan nutrisi tersebut dapat berasal dari asupan makanan dan minuman saat berbuka dan sahur.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik untuk mengonsumsi air putih yang cukup selama berpuasa dan menghindari minuman yang mengandung gula dan kafein seperti teh, kopi, atau minuman bersoda.

BACA JUGA:Resep Ramadan. Ayam Crispy Cabe Garam Hidangan Bulan Puasa

Namun, pada kondisi tertentu seperti pada orang yang sedang sakit atau pada kondisi cuaca yang sangat panas, penggunaan oralit dapat membantu dalam menjaga keseimbangan hidrasi. Penggunaan oralit juga harus atas dasar rekomendasi dokter atau tenaga kesehatan ahli terlebih dahulu.

Apabila terjadi penyalahgunaan konsumsi oralit, maka dapat menimbulkan beragam efek samping, seperti mual, muntah, perasaan gelisah yang berlebih, kejang, pembengkakan pada pergelangan kaki, munculnya ruam, pusing, gatal atau bengkak (terutama pada wajah, lidah, dan tenggorokan) sampai menyebabkan masalah pernapasan. 

Sumber: