Persoalan Timnas Israel di Piala Dunia, Presiden Jokowi Sebut Jangan Campur Aduk Olahraga dan Politik

Persoalan Timnas Israel di Piala Dunia, Presiden Jokowi Sebut Jangan Campur Aduk Olahraga dan Politik

Presiden Joko Widodo -Setpresri-

jektvnews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa, timnas Israel dalam Piala Dunia U-20 tidak terkait konsistensi sikap politik luar negeri Indonesia. Presiden Jokowi memastikan Indonesia selalu mendukung kemerdekaan Palestina.

"Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina. Dukungan kita terhadap Palestina selalu kokoh dan kuat," kata Presiden Jokowi dikutip dari YouTube Setpres, Selasa (28/3).

BACA JUGA:Ketum Muhammadiyah Ajak Cegah Terorisme di Indonesia

Presiden Jokowi juga menyampaikan pernyataan Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun, yang meminta urusan politik dan olahraga tidak dicampuradukkan.

"Dalam urusan Piala Dunia U-20 ini, kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya. Jadi jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan urusan politik," ungkapnya.

BACA JUGA:Dewan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kerinci Lewat Pariwisata

Menurut Jokowi, FIFA telah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U-20. Karenanya, Ketum PSSI Erick Thohir diutus untuk menemui tim FIFA untuk mencari penyelesaian terbaik.

"Saat ini FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20," ujarnya.

BACA JUGA:Resep Ramadan. Menu Takjil Dadar Gulung Nangka

"Untuk itu, saya telah mengutus Ketum PSSI Bapak Erick Thohir untuk bertemu dengan Tim FIFA untuk mencari penyelesaian terbaik, mencari solusi terbaik," tandasnya.

Sumber: