Upadate Status Gunung Kerinci, Terpantau Secara Visual Gunung Kerinci Terlihat Jelas

Upadate Status Gunung Kerinci, Terpantau Secara Visual Gunung Kerinci Terlihat  Jelas

jektvnews.com - Dari hasil pengamatan yang dilakukan KESDM, Badan Geologi, PVMBG, pada tanggal 17 Januari 2023, terhadap aktivitas gunung Kerinci saat ini, hembusan mencapai 49 amplitudo :0,5-2.5 mm dengan durasi mencapai 10-33 detik.

 

Petugas Pos Pemantauan Gunung Kerinci Irwan Safwan menyampaikan bahwa, dari hasil visual kondisi gunung kerinci terlihat jelas.

 

“hingga saat ini kabut disekitar gunung Kerinci 0-III, asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 50 m di atas puncak kawah,” kata Irwan, Rabu (18/1).

 

Dirinya juga menjelaskan dari hasil meteorologi disekitar gunung Kerinci, saat ini cuaca di sekitar wilayah Kerinci terlihat cerah.

 

“cuaca cerah, mendung, dan hujan. Angin bertiup lemah ke arah timur laut. Suhu udara 17-24 C, dan kelembaban udara 68-72 persen,” ungkapnya, dikutip dari Magma Indonesia, Selasa Malam (17/1).

 

Saat ini, status Gunung Kerinci masih di level II (Waspada), masyarakat sekitar wilayah tersebut tidak diperbolehkan mendaki gunung kerinci dan beraktifitas di sekitar radius 3 km dari kawah aktif.

 

Selain itu, jalur penerbangan disekitar gunung kerinci tidak diizinkan dilewati, dikarenakan sewaktu-waktu berpotensi terjadi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan.

Sumber: