Lahar Dingin Akibat Erupsi Gunung Kerinci Tutupi Persawahan dan Tempat Wisata

Lahar Dingin Akibat Erupsi Gunung Kerinci Tutupi Persawahan dan Tempat Wisata

jektvnews.com - Dampak erupsi Gunung Kerinci beberapa waktu belakangan ini, mengakibatkan sejumlah tempat wisata dan wilayah di daerah Kerinci tertimbun lahar dingin dari erupsi gunung Kerinci.

 

Salah satu wilayah yang tertimbun lahar dingin ialah wilayah Desa Sungai Rumpun, Kecamatan Gunung Tujuh.

 

Kades Sungai Rumpun, Herman mengungkapkan bahwa, akibat erupsi gunung Kerinci menyebabkan area persawahan miliki masyarakat tertutup dengan lahar dingin.

 

"Ada 10 hektar areal persawahan yang tertimbun oleh limpahan lahar dingin akibat erupsi Gunung Kerinci beberapa bulan ini sehingga dibawa air hujan. Sungai yang kedalaman 13 meter sekarang ini sudah menjadi lapangan dari tumpukan lahar dingin, " katanya, dikutip dari Jambi Ekspres, Selasa (17/1).

 

Menurutnya, lahar dingin ini mulai memasuki wilayah desa Sungai Rumpun, pada saat senin malam.

 

"Lahar dingin dibawa air hujan ke muara di Desa Sungai Rumpun ini. Malam tadi masih terjadi banjir Lahar Dingin, " paparnya.

 

Dirinya berharap agar pemerintah dapat memberikan bantuan dan dapat mencarikan solusi mengatasi permasalahan ini.

 

"Harapan kami adanya bantuan dari pemerintah untuk normalisasi sungai dan pembangunan turap serta sabodam penyaringan lahar dingin areal sawah lebih kurang 250 hektare," ungkapnya.

 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kerinci, Zainal Efendi mengatakan bahwaa, sampai saat ini belum ada masyarakat Sungairumpun me.laporkan kejadian tersebut

 

"Untuk laporan tertulis belum ada, nanti akan kita perintahkan dinas terkait turun kelapangan untuk mengecek terkait dengan laporan tersebut, serta akan kita lakukan rapat koordinasi apa langkah-langkah yang akan diambil," tandasnya.

Sumber: