Universitas Jambi Dorong Petani Untuk Menginovasikan Produk Pertanian

Universitas Jambi Dorong Petani Untuk Menginovasikan Produk Pertanian

jektvnews.com - Jambi, Dosen memiliki tugas tidak hanya mengajar di dalam kelas, namun juga tugas lain yang termasuk dalam Tridharma Perguruan Tinggi. Tridharma Perguruan Tinggi tersebut meliputi Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Kali ini, tim melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di desa Ibru. Desa Ibru merupakan sebuah desa yang terletak dalam (daerah) kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, Indonesia. Desa Ibru berjarak kurang lebih 42 km dari kampus Pinang Masak Universitas Jambi dengan waktu tempuh perjalanan 1 jam 23 menit.

Desa Ibru memiliki banyak hasil pertanian berkualitas seperti karet, sawit, kunyit, jahe, dan tanaman rempah lain yang berpotensi untuk diolah secara massif dan menjadi komoditi ekspor sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Hasil pertanian di desa ibru snagat segar dan juga berkualitas super. Sayangnya, sebagian besar hasil pertanian masih dijual dalam bentuk segar. Jika hasil pertanian tersbeut diolah dan diinovasikan, maka akan dapat meningkatkan nilai jual hasil pertanian.   

Oleh sebab itu, tim mendorong masyarakat untuk melakukan inovasi hasil pertanian melalui pengeringan bahan pertanian dengan menggunakan Dome Pengering. Pelaksanaan pengabdian telah dilaksanakan dan mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. Saat pelaksanaan kegaitan pengabdian, masyarakat sangat antusias. Hal ini terlihat dari beberapa pertanyaan dan pernyataan yang terlontar dari masyarakat yang sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini karena mereka juga yakin bahwa Desa Ibru memiliki potensi untuk maju. Guna mengambangkan pangsa pasar, maka tim juga membat toko online untuk desa Ibru.

Kegaitan pengabdian ini akan terus berjalan. Harapannya, kegiatan ini benar-benar menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat di keccamatan pelayangan, dan lebih jauh lagi, harapannya hal ini bisa menjadi salah satu penyokong penguatan kesejahteraan masyarakat di Desa Ibru.

Sumber: