Perut Buncit, Ini 10 Makanan yang harus diperiksa

Perut Buncit, Ini 10 Makanan yang harus diperiksa

Periksa 10 jenis makanan ini bila perutmu buncit bisa saja jenis makanan ini dikonsumsi berlebihan, ini daftar yang dirangkum oleh JPNN.com:

1. Makanan Kaleng

Makanan kaleng seringkali menjadi pilihan karena lebih praktis dan tahan lama. Tapi, ternyata makanan ini juga merupakan penyebab perut buncit, lho! Makanan kaleng mengandung tinggi natrium agar bisa tahan lama. Natrium yang tinggi ini dapat membuat Anda cepat lapar. Selain itu, natrium yang tinggi juga menyebabkan perut Anda menjadi kembung.

2. Daging Olahan

Banyak produk daging olahan yang bisa Anda temukan di supermarket, seperti sosis, daging asap, daging burger, dan banyak lagi. Daging olahan ini juga memiliki kandungan natrium yang tinggi. Selain itu juga mengandung kalori dan lemak jenuh yang sangat tinggi. Oleh karena itu, daging olahan termasuk ke dalam makanan penyebab perut buncit.

3. Susu dan Olahannya

Susu juga mengandung lemak yang cukup tinggi. Jadi, jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan perut buncit. Selain itu, kandungan laktosa dari susu dapat menyebabkan rasa kembung di perut Anda. Tak hanya susu, produk olahannya seperti keju, yogurt, atau mentega juga harus dibatasi konsumsinya untuk menghindari penumpukan lemak viseral di perut.

4. Cokelat Cokelat tidak sepenuhnya berdampak buruk bagi kesehatan. Cokelat hitam misalnya, menurut penelitian dapat meningkatkan kesehatan jantung, sehingga menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

5. Makanan Cepat Saji

Apakah Anda hobi makan burger, piza, hotdog, kentang goreng, dan makanan cepat saji jenis lainnya? Jika ya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Ini karena makanan cepat saji, apapun jenisnya, mengandung kadar kalori tinggi yang jika dikonsumsi bisa membuat lemak viseral menumpuk. Alhasil, terjadinya perut buncit tak bisa dihindari lagi.

6. Makanan Tinggi Karbohidrat

Karbohidrat memang salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh. Jenisnya pun ada dua, yaitu karbohidrat sederhana dan kompleks. Makanan yang mengandung tinggi karbohidrat sederhana inilah yang merupakan makanan penyebab perut buncit. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti roti tawar putih atau nasi putih dapat menyebabkan Anda lapar lebih cepat, meningkatkan gula darah, dan meningkatkan peradangan di tubuh. Jika Anda lapar lebih cepat maka makanan yang dikonsumsi akan lebih banyak dan perut pun jadi buncit.

7. Makanan yang Mengandung Trans Fat Trans fat adalah lemak yang paling tidak sehat. Lemak trans sering digunakan untuk memperpanjang umur simpan makanan kemasan, seperti muffin, adonan kue, dan kerupuk. Makanan yang mengandung lemak trans akan meningkatkan lemak viseral di perut apabila dikonsumsi berlebihan. Selain itu, lemak ini juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan strok.

8. Biji-bijian yang Telah Diolah

Sumber: