Sekolah KUI Indonesia PTMA Muhammadiyah

Sekolah KUI Indonesia PTMA Muhammadiyah

Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisiyah (PTMA) melaksanakan kegiatan Sekolah Kantor Urusan Internasional (KUI) 2, Selasa (08/02/22). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisiyah di Bumi Sai Wawai, Kota Metro, Lampung.

Bertempat di rumah dinas Walikota Metro, Kegiatan ini disambut oleh H. Wahdi Siradjuddin - Walikota Metro, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa "Kota Metro yang merupakan kota literasi ini memiliki 15 kampus di wilayahnya ini harus bisa menasional dan terlebih lagi berkompetisi di kancah global".

Dengan mengusung tema "Scaffolding the muhammadiyah 'Aisyiyah Higher Institution International Office manajement for Better Implementation of Internationalization", Ketua ASKUI PTMA, Yordan Gunawan menyampaikan bahwa selain menjadikan wadah untuk mendukung perkembangan kerjasama dan Internasionalisasi PTMA di level menengah dan berkembang, Sekolah KUI ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi Ketua dan Pengurus Kantor Urusan Internasional PTMA.

Dalam sambutannya Ketua ASKUI PTMA juga menambahkan bahwa dalam Program Sekolah KUI Angkatan ke-2 ini diisi dengan pemaparan materi dan diskusi dengan berbagai topik spesifik seperti pendirian dan pengelolaan KUI, pengelolaan mahasiswa asing, IISMA dan ICT, Summer Course, mencari mitra dan pengelolaan MoU (Negosiasi dan Rencana Tindak Lanjut), serta pengelolaan program mobilitas Internasional di internal kampus. Diakhir program nanti, peserta yang telah telah menyiapkan program kerja ini wajib mempresentasikan projeknya di depan Pengurus ASKUI dan seluruh peserta lainnya. 

Sementara itu Rektor UM Metro, Jazim Ahmad, menyatakan kabanggaan bisa menjadi tuan rumah yang diikuti oleh 34 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia ini. "Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kepercayaan dan amanh yang diberikan kami, di UM Metro ini untuk membersamai Bapak/Ibu semua, dan terutama kami didukung penuh oleh Wali Kota Metro", ujar Jazim dalam pidato sambutannya.

Wakil Ketua Majelis DIKTILITBANG Pimpinan Pusat muhammadiyah Edy Suandi Hamid, menegaskan bahwa Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PTMA) wajib memberikan kontribusi dalam membantu masyarakat. "Pengembangan sumber daya, pembangunan daerah dan bahkan Internasionalisasi, harus menjadi bagain penting dari eksistensi PTMA di manapun berada dan kami di Majelis sangat mendukung sekali acara semacam Sekolah KUI yang arahnya adalah Pengembangan Sumber Daya Manusia", pungkas Edy yang juga Guru Besar Bidang Ekonomi ini.

Sumber: