Gelar Patroli Serentak, Waspada Geng Motor

Gelar Patroli Serentak, Waspada Geng Motor

jektvnews.com Kota Jambi, Forum RT bersama tim gabungan Kelurahan, Babinsa, Babinkamtibmas dan paguyuban Puja Kesuma melakukan Patroli Serentak.

Untuk diketahui, patroli serentak ini akan terus dilakukan setiap malam harinya, dimulai dari Juamat malam (28/1), dan sistemnya akan dilakukan bergantian piket jaga malam dari anggota RT minimal 10 orang setiap malamnya titik kumpul di Kelurahan masing-masing dari anggota 5 RT diambil 2 orang.

Patroli Serentak ini digelar di kota Jambi, dengan 62 Kelurahan dan 1.648 RT, dipimpin langsung para lurah masing-masing. "Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi aksi geng motor di seluruh Wilayah Kota Jambi", ujar Ketua Forum RT Kota Jambi H Suparyono.

Dari giat yang dilakukan terjaring dari pukul 22.00wib sampai 01.00wib ini, "Hasil dari patroli serentak semalam, kita masih menemukan puluhan remaja yang keluyuran dan berkumpul di 12 titik Kota Jambi. Kita langsung memberikan pembinaan, dan perintahkan untuk pulangke rumah masing-masing,"  tambah Suparyono yang juga ketua Paguyuban Puja Kesuma Jambi.

Dari puluhan remaja yang ditemukan, sebut Suparyono, rata-rata di bawah umur dan tidak ada yang membawa sajam. Kemudian ada sebagian dari remaja yang ditemukan pihaknya, sebelumnya pernah dilakukan pembinaan.

"Mereka sebenarnya anak yang baik, dan sudah pernah kita lakukan pembinaan sebelumnya. Namun, ada oknum dari segelintir remaja yang mengajak mereka untuk melakukan aksi kejahatan, jadi mereka ini terbawa arus tersebut. Maka dari itu perlu peran dari orang tua," sebutnya.

Kemudian, dirinya menekankan, kepada seluruh Ketua RT agar mengoptimalkan penjagaan ketat. Melarang remaja untuk keluar malam dini hari, dan melarang remaja luar masuk ke RT masing-masing di atas pukul 22.00 WIB.

"Itu himbauan saya untuk menekan aksi geng motor. Kegiatan lain yang akan terus kita buat upaya menyibukkan mereka untuk melakukan kegiatan positif seperti, kompangan, pengajian, kegiatan edukasi karang taruna, kita arahkan kesitu. Jadi supaya mereka tidak keluar," sebutnya.

Sumber: