Jelajahi Keberagaman Potensi Desa Tangkit Melalui Sistem Informasi Wisata Edukasi

Jelajahi Keberagaman Potensi Desa Tangkit Melalui Sistem Informasi Wisata Edukasi

JEKTV.co.id - Desa Tangkit merupakan salah satu desa yang berada di Kawasan Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Sebagian besar masyarakat di wilayah Desa Tangkit memiliki mata pencarian yang berasal dari pengolahan potensi yang dimiliki Desa tersebut. Dari sekian banyak potensi yang telah diolah di wilayah desa tersebut, belum ada satu pun yang dipublikasikan dalam sebuah sistem informasi wisata edukasi yang memungkinkan masyarakat di dalam maupun di luar desa untuk mempelajari potensi yang dimiliki di desa tersebut.

Berbagai potensi tersebut dapat dibagikan dan dipublikasikan ke masyarakat luas dalam rangka mendukung program Pendidikan, salah satunya dalam bentuk wisata edukasi online yang terkumpul dalam satu wadah sistem informasi. Dimana nantinya berbagai potensi tersebut disajikan dalam bentuk video tour untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat, terutama dalam kondisi pandemic Covid-19 ini, dimana kegiatan tour wisata edukasi tidak dapat dilaksanakan secara langsung. Untuk itu akan sangat membantu program pendidikan tersebut jika kegiatan tour wisata edukasi dapat dilakukan secara online dengan mengakses sebuah sistem informasi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Diharapkan dengan adanya sistem informasi edukasi wisata menjadi media pendukung dalam proses publikasi dan penyebaran pengetahuan mengenai potensi yang dimiliki di wilayah Desa Tangkit.

Dalam rangka mendukung program tersebut, tim PPM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Program Studi Sistem Informasi Universitas Jambi yang diketuai oleh Bapak Ir. Indra Weni, M.Kom telah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di wilayah Desa Tangkit. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 16 September 2021, dan dilanjutkan pada 14 Oktober 2021 dengan agenda sosialisasi dan pendampingan penerapan pemanfaatan sistem informasi wisata edukasi Desa tangkit. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Desa Tangkit, yaitu Bapak Supadi dan dipimpin ketua tim PPM, serta dihadiri oleh perwakilan dari seluruh pelaku usaha potensi Desa Tangkit. Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan terdiri dari sosialisasi program PPM dan sosialisasi manfaat dari sistem informasi wisata edukasi yang dikembangkan oleh tim PPM kepada seluruh peserta dan pendampingan pemanfaatan dari sistem yang dikembangkan.

Adapun output yang dihasilkan dari kegiatan PPM ini adalah sebuah sistem informasi wisata edukasi Desa Tangkit yang dapat diakses pada alamat URL  https://simwisata-desatangkit.id.  Dari kegiatan ini terlihat jelas bahwa peserta kegiatan sangat antusias dalam mendukung terlaksananya sistem informasi wisata edukasi ini. Adapun sosialisasi ini dilakukan oleh tim yang beranggotakan Reni Aryani, S.Kom., M.S.I., Edi Saputra, S.T., M.Sc.,Pradita Eko Prasetyo Utomo, S.Pd., M.Cs., dan Dewi Lestari, S.Kom., M.S.I.

Sumber: