Digital Marketing Tingkatkan Pemasaran Produk UMKM Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi

Digital Marketing Tingkatkan Pemasaran Produk  UMKM Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi

JEKTV.co.id - Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang sering disebut UMKM merupakan badan usaha kecil menengah yang memiliki peranan penting dalam mendorong perekonomian Indonesia. UMKM juga berperan dalam mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan. Dengan terserapnya banyak tenaga kerja, maka pendapatan masyarakat pun meningkat.

 

Kerupuk Ikan Mursida dan KUB Mayang Mangurai merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Jambi, tepatnya di Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi. Kerupuk Ikan Mursida bergerak dalam usaha produksi kerupuk ikan jenis slampit, kipas, melati, dan peser. Sedangkan KUB Mayang Mengurai memiliki usaha produksi kerupuk panggang. Kedua UMKM tersebut telah lebih dari 15 tahun menjalankan usaha. 

 

Selama ini proses pemasaran UMKM Kerupuk Ikan Mursida dan KUB Mayang Mangurai masih dilakukan secara konvensional yaitu informasi dari mulut ke mulut. UMKM Kerupuk Ikan Mursida dan KUB Mayang Mangurai belum memiliki media sosial sebagai sarana media promosi produk, sehingga membuat Citra Merk atau Brand Image pada kedua UMKM belum begitu popular di mata konsumen. Selain itu pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) belum memiliki pemahaman dan keterampilan dalam hal pembuatan konten digital marketing. 

 

Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. konten digital marketing yang sedang trend saat ini adalah menggunakan video. Video dapat dijadikan sebagai media promosi yang menarik, seperti video yang berisi tutorial, review, tips dan trik mengenai suatu produk atau jasa ditawarkan sehingga memberi kesan bagi calon konsumen.

 

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Prodi Sistem Informasi Universitas Jambi yang diketuai oleh Bpk.Tri Suratno, S.Kom., M.Kom beserta anggota yakni Ibu Ulfa Khaira, S,Komp.,M.Kom., Bpk. Benedika Ferdian Hutabarat, S.Komp.,M.Kom., Bpk. Zainil Abidin, S.T.,M.Eng., dan Ibu Yolla Noverina, S.Kom.,M.Kom membantu UMKM Kerupuk Ikan Mursida dan KUB Mayang Mangurai dalam melakukan pemasaran secara digital dengan memanfaatkan media sosial sehingga membuat jangkauan pemasaran produk menjadi lebih luas.

 

Tim PPM Prodi Sistem Informasi UNJA memberikan keterampilan untuk meningkatkan brand image UMKM dengan cara memperbaiki label dan kemasan produk agar memiliki kesan yang lebih eksklusif. Selain itu dilakukan pelatihan pembuatan konten iklan digital yang menarik menggunakan video serta pengelolaan media sosial sebagai sarana dalam mempromosikan produk. 

Untuk Video UMKM Kerupuk Ikan Mursida dapat diakses pada link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=7nPNysoXXRA dan video kerupuk bakar h&n dari UMKM KUB Mayang Mangurai dapat diakses pada link berikut: 

https://www.youtube.com/watch?v=kk8bsBVcEqg. 

Semoga dengan adanya digital marketing sebagai media promosi bisa membuat produk UMKM Kerupuk Ikan Mursida dan KUB Mayang Mangurai lebih dikenal masyarakat luas ucap Bpk. Tri Suratno, S.Kom.,M.Kom.

Sumber: