Dosen Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi melakukan Sosialisasi dan Pendampingan Pengembangan Video Iklan Untuk Mening

Dosen Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi melakukan Sosialisasi dan Pendampingan Pengembangan Video Iklan Untuk Mening

JAMBI - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat mempunyai tugas dalam melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Civitas Universitas Jambi terutama Dosen didorong untuk aktif dalam menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat agar hasil-hasil perkembangan IPTEK terutama dari hasil-hasil penelitian dapat bermanfaat secara langsung bagi masyarakat. Salah satu kegiatan pengabdian pada masyarakat dilakukan oleh dosen-dosen Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi dengan berbasis IPTEK yaitu pengembangan dan penerapan video iklan di media sosial bagi industri kecil dan menengah batik Jambi.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Tri Suratno, S.Kom., M.Kom selaku Ketua Tim Pengabdian pada Masyarakat beserta anggotanya yaitu Mauladi, S.Kom., M.Eng., Pradita Eko Prasetyo Utomo, S.Pd., M.Cs., Edi Saputra, S.T., M.Sc., dan Benedika Ferdian Hutabarat, S.Komp., M.Kom. Selain itu kegiatan pengbdian pada masyarakat ini juga melibatkan mahasiswa program studi Sistem Informasi. Adapun maksud dengan adanya kegiatan ini agar nantinya para pelaku IKM khususnya IKM Batik di Kota Jambi dapat lebih mudah dan lebih luas dalam mempromosikan batik hasil buatannya ke masyarakat umum melalui bantuan teknologi informasi sehingga pangsa pasar dan hasil penjualan dapat lebih meningkat. Selain itu, tujuan dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan pemahaman dan ketrampilan para pengusaha IKM terhadap media promosi digital atau online, pembuatan dan pengembangan media promosi dalam hal ini video iklan serta diiklankan secara rutin di media sosial terpopuler seperti Facebook. Selain itu, video-video terbaik dari hasil kegiatan ini diupload/ dishare di kanal youtube.

(https://www.youtube.com/watch?v=l_ecJqX85xk)

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 15 dan 20 Agustus 2020 di Rumah Batik Siti Hajir dan Batik Rifandi dan dilakukan dalam dua sesi kegiatan. Pada sesi pertama kegiatan yang dilakukan yaitu penyampaian materi ide dan gagasan baru dalam proses mempromosikan produk IKM khususnya batik Jambi ke khalayak yang lebih luas, sedangkan pada sesi kedua adalah kegiatan pengembangan dan pembuatan media berupa video iklan promosi tentang produk yang dihasilkan oleh IKM mitra.

Pada kegiatan pembuatan dan pengembangan video iklan, Tim PKM melakukan pengambilan video dan membuat konten video promosi yang layak diiklankan dan sesuai dengan ketentuan dalam promosi atau iklan di media sosial. Dalam pembuatan dan pengembangan video ini tim dosen dan mahasiswa membuat konten dan editing serta proses pengiklanan ke media sosial. Selain itu mitra dalam kegiatan PPM juga turut dilibatkan untuk memberikan masukan dan penyedia konten produk IKM.

Diharapkan kegiatan pengabdian ini dapat terus berlangsung sehingga nanti pengrajin-pengrajin batik di Kota Jambi khususnya Kecamatan Pelayangan akrab dengan media pemasaran secara online dan nantinya hasil penjualan dapat terus meningkat.

Sumber: