Mewakili Wakil Presiden RI di KTT Ke-21 ASEAN-India

Mewakili Wakil Presiden RI di KTT Ke-21 ASEAN-India

Mewakili Wakil Presiden RI di KTT Ke-21 ASEAN-India-Ist/ Jektvnews -

JEKTVNEWS.COM - Menko Polhukam mewakili Wakil Presiden Ma’aruf Amin pada KTT Ke-21 ASEAN-India di Vientiane, Laos, Kamis (10/10/2024) menyampaikan ucapan selamat kepada Narendra Modi atas terpilihnya kembali sebagai Perdana Menteri India untuk ketiga kalinya dalam pidato sambutannya.

“Kemitraan ASEAN-India telah berjalan selama lebih dari tiga dekade, dan telah menjadi bagian penting dalam membangun kawasan yang damai, makmur, stabil, dan saling terkoneksi,” ujar Menko Polhukam Hadi Tjahjanto.

Pada pidatonya, Menko Polhukam menekankan pentingnya memperkuat kerja sama ASEAN dan India di tiga bidang.

Pertama, kerja sama maritim dimana pada Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun lalu, ASEAN dan India telah menyepakati Pernyataan Bersama terkait Kerja Sama Maritim.

“Saya berharap berbagai program kerja sama konkret dapat segera kita implementasikan, khususnya di sektor konektivitas maritim dan ekonomi biru, termasuk melalui pengembangan infrastruktur perikanan,” kata Menko Hadi.

BACA JUGA:Selain Visioner Hairan-Amin Merupakan Sosok yang Nasionalis

Kedua, kerja sama ketahanan pangan. Disampaikan bahwa pemerintah Indonesia ingin mendorong implementasi dari Komitmen Bersama terkait Penguatan Ketahanan Pangan Dalam Menanggapi Krisis, khususnya melalui pemberdayaan petani kecil, diversifikasi pangan lokal, dan pendanaan teknologi pertanian.

Ketiga, penguatan kerja sama dalam kerangka ASEAN Outlook on Indo-Pacific (AOIP).

Mantan Panglima TNI ini menyampaikan bahwa Indonesia mengapresiasi upaya untuk menciptakan kawasan Indo-Pasifik yang inklusif, termasuk melalui penandatanganan Nota Kesepahaman ASEAN-IORA juga melalui Inisiatif Samudra Indo-Pasifik (SAGAR) yang digagas oleh India, yang selaras dengan AOIP.

“Saya juga mengapresiasi dukungan India sebagai negara mitra pembangunan pertama Segitiga Pertumbuhan Indonesia, Malaysia, Thailand (IMT-GT) dalam kerja sama pembangunan untuk mencapai Visi IMT-GT 2036. Saya berharap upaya-upaya ini dapat kita lanjutkan dan kita perkuat ke depannya,” kata Menko Polhukam Hadi Tjahjanto.

BACA JUGA:Rupiah Menguat Tipis ke Rp15.662 per Dolar AS, Mata Uang Asia Bergerak Bervariasi

“Saya optimis kerja sama ASEAN dan India akan terus berkontribusi bagi kemakmuran kawasan dan memberi manfaat langsung bagi rakyat,” sambungnya.

Sumber: