MTQ ke 52 Tingkat Kabupaten Tanjab Barat, Lahirkan Generasi Qurani yang Cerdas

MTQ ke 52 Tingkat Kabupaten Tanjab Barat, Lahirkan Generasi Qurani yang Cerdas

MTQ ke 52 Tingkat Kabupaten Tanjab Barat, Lahirkan Generasi Qurani yang Cerdas-Ist/ Jektvnews -

TANJAB BARAT, JEKTVNEWS.COM - Mewakili Bupati, Penjabat Sekretaris Daerah TANJAB BARAT, H. Dahlan, S.Sos, MM., secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-52 tingkat Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2024 yang digelar di Kelurahan Lubuk Kambing, Kamis malam (29/8). 

Dalam sambutannya, Pj. Sekda menyampaikan harapan agar MTQ ke-52 ini dapat menjadi momentum untuk melahirkan generasi Qur’ani yang cerdas, berakhlak mulia, dan toleran. 

BACA JUGA:Cek Posko Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kumpeh Muaro Jambi

“Melalui kegiatan ini, kita ingin mengagungkan kalam ilahi, memperkuat keimanan dan menyebarkan nilai-nilai Alquran di tengah masyarakat,” ujar H. Dahlan. 

Dirinya juga menekankan pentingnya peran MTQ sebagai wadah untuk melahirkan generasi qori dan qoriah yang berprestasi, tidak hanya di tingkat kabupaten, tetapi juga di tingkat provinsi maupun nasional.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jambi yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik H. Husairi, S.IP., ME., yang menekankan bahwa MTQ merupakan upaya untuk melahirkan generasi yang berkualitas melalui perubahan pola pikir, kebiasaan, dan karakter masyarakat. 

“Dengan membumikan nilai dan ajaran Alquran, diharapkan tercipta generasi yang unggul dan berakhlak mulia,” tegas H. Husairi.

Keberadaan para peserta yang bersemangat, para dewan hakim, serta dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat menjadikan MTQ ke-52 Tanjab Barat penuh makna.

Acara ini bukan hanya sekadar perlombaan, melainkan menjadi wadah untuk membangun generasi Qur’ani yang mampu membawa Tanjab Barat menuju kemajuan yang berkah.

BACA JUGA:Rapat Paripurna Persetujuan dan Penandatanganan Tentang Ranperda APBD Perubahan TA 2024 Muaro Jambi

Sementara itu, Ketua panitia, Camat Renah Mendaluh, Suherdi, SE., dalam laporannya menyampaikan bahwa MTQ ini berlangsung dari tanggal 28 Agustus 2024 hingga 1 September 2024.

Sebanyak 569 peserta dari 13 Kafilah Kecamatan siap bersaing dalam 10 cabang perlombaan, meliputi Tilawatil Quran, Tartil Al Qur’an, Tahfidz Al Qur’an, Tafsir Al Quran, Khatil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Menulis makalah Al Qur’an, hafalan Hadits, dan Barzanji.

BACA JUGA:Gelar Koordinasi dengan Tim Pemenangan Tungkal Ilir, Ustadz Amin Ajak Kampanye Damai

Acara pembukaan ini dihadiri oleh para Staf Ahli, para Asisten, kepala OPD, Kakan Kemenag Tanjab Barat, Ketua MUI Tanjab Barat, para Camat se-Kabupaten Tanjab Barat, para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Sumber: