Rute Baru Penerbangan di Jambi, Kualanamu dan Jogjakarta

Rute Baru Penerbangan di Jambi, Kualanamu dan Jogjakarta

Anggota Komisi 1 DPRD Provinsi Jambi Bidang Hukum dan Pemerintahan, Kemas Alfarabi-Ist-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Anggota DPRD Provinsi JAMBI Kemas Alfarabi menyambut baik rencana pembukaan dua rute baru oleh PT Angkasa Pura II dari Bandara Sultan Thaha JAMBI. Yakni ke Bandara Kualanamu Medan dan ke Bandara Jogjakarta.

Alfarabi mengapresiasi terobosan yang dilakukan PT Angkasa Pura terkait penerbangan langsung tanpa transit lagi ke Jakarta. Menurutnya dengan adanya penerbangan ke Medan 4 kali seminggu mulai 8 September 2024 dan ke Yogyakarta mulai 13 September 2024 mendatang.

BACA JUGA:Pelatihan Anggota Satlinmas se-Kecamatan Mersam Tahun 2024 Kabupaten Batanghari

"Tentunya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan konektivitas masyarakat Jambi," kata Alfarabi, Sabtu (24/8).

Politisi PKB ini juga menyebut sebelum musim pandemi COVID-19 tahun 2020 lalu, Bandara Jambi sudah memiliki rute ke beberapa daerah seperti Palembang, Padang, Lampung dan Pekanbaru, sehingga dengan dibukanya rute baru ini Alfarabi berharap nantinya akan semakin banyak alternatif rute penerbangan domestik.

"Untuk jangka panjang Bandara Sultan Thaha Jambi dapat meningkatkan infrastruktur sarana prasarana menjadi Bandara Internasional yang dapat melakukan rute penerbangan langsung ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan Saudi Arabia," kata Alfarabi.

BACA JUGA:Kalibrasi Kompetensi Teknisi AHASS Merambah Hingga Motor Listrik Dalam Technical Skill Contest 2024

Sebelumnya, Bandara Sultan Thaha Jambi akan meluncurkan dua rute penerbangan baru yang menghubungkan daerah, Kualanamu, Sumatera Utara dan Yogyakarta pada awal September 2024. Rute penerbangan ini langsung tanpa transit.

Executive General Manager Sultan Thaha Airport Jambi, Siswanto mengumumkan bahwa rute Jambi-Kualanamu, Sumatera Utara, akan mulai beroperasi pada 8 September 2024. Sedangkan, rute Jambi-Yogyakarta akan dibuka pada 13 September 2024.

BACA JUGA:Bupati Tanjung Jabung Barat Dukung Kegiatan Bersih Kota Bersama PGPI dan DLH

"Maskapai Super Air Jet akan melayani kedua rute baru ini. Ini berdasarkan survei yang telah kami lakukan kepada penumpang, jadi tujuan penumpang itu banyak ke dua rute itu," ujar Siswanto

Sumber: