Inovasi Pengolahan Limbah Sekam Padi di Hari Jadi Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Inovasi Pengolahan Limbah Sekam Padi di Hari Jadi Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Inovasi Pengolahan Limbah Sekam Padi di Hari Jadi Kabupaten Tanjung Jabung Barat-Ist/ Jektvnews -

JEKTVNEWS.COM - Desa Lumahan, Tanjung Jabung Barat - Sabtu, 10 Agustus 2024 menjadi momen penting bagi Desa Lumahan, Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Pada hari tersebut, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi menggelar kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk "Mandiri dalam Pupuk: Solusi Inovatif Pemanfaatan Limbah Sekam Padi dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Desa Lumahan”. 

Tim pengabdian terdiri dari dosen dan mahasiswa yakni, Dr. Siti Hodijah, S.E. M. Si., Selamet Rahmadi, S.E., M.Si., Parmadi, S.E., M.E., Helen Parkhurst, M.Si., Fadwa Rhogib Asfahani, S.E., Wahdan Aidillah Amri Lubis, M. Havif Pratama Putra, dan Muhammad David.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Lumahan ini dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari pemuda, bapak – bapak, ibu rumah tangga dan perangkat desa setempat. 

BACA JUGA:Meriahkan HUT-RI Ke-79, Timses Hairan-Amin Gelar Pertandingan Badminton

Acara diawali dengan sambutan hangat dari Kepala Desa Lumahan, Bapak Ismail yang menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat desa. Kemudian, dilanjutkan dengan pembukaan oleh Ketua Tim Pengabdian, Dr. Siti Hodijah, S.E., M.Si.

Dalam sambutannya, Dr. Siti Hodijah menekankan pentingnya pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan dan bagaimana limbah sekam padi yang selama ini tidak diolah dapat menjadi pupuk organik yang bernilai ekonomis. 

BACA JUGA:Renungan Suci dalam Rangka Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia

"Kegiatan ini merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi di mana kami berusaha memberikan solusi inovatif bagi masyarakat, khususnya dalam mengelola limbah yang ada di sekitar kita" ujar Dr. Siti Hodijah. 

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Implementation Agreement (IA) antara Kepala Desa Lumahan dan Ketua Prodi Ekonomi Pembangunan, Dr. Etik Umiyati, S.E., sebagai simbolisasi kerjasama dalam rangka penerapan Tridharma Perguruan Tinggi di Desa Lumahan.

Materi utama yang disampaikan dalam kegiatan ini adalah cara mengolah limbah sekam padi menjadi pupuk organik yang disampaikan oleh Bapak Parmadi, S.E., M.E. Peserta diajak langsung untuk mempraktikkan cara pembuatan pupuk tersebut sehingga mereka dapat memahami secara langsung prosesnya.

Di akhir sesi praktik, Tim Pengabdian memberikan 3 paket Bio Ecompost yang dapat digunakan secara kolektif oleh warga desa untuk memproduksi pupuk organik.

Salah satu peserta dalam testimoninya mengungkapkan rasa terima kasih dan harapannya agar ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat bagi masyarakat desa. 

"Saya berharap ilmu yang diberikan Bapak/Ibu dari Universitas Jambi yang jauh – jauh berkunjung ke desa kami dapat bermanfaat bagi masyarakat desa, terutama karena akhirnya kami mendapatkan ilmu untuk mengolah limbah sekam padi yang sebelumnya hanya dibakar dan dibuang saja di lahan persawahan kami, sekarang ternyata jadi paham ada kegunaan lainnya" ujar salah seorang peserta.

Sumber: