175 Dus Air Zamzam Telah Dipersiapkan Kemenag untuk Jemaah Haji

175 Dus Air Zamzam Telah Dipersiapkan Kemenag untuk Jemaah Haji

Air zam-zam-Jektvnews-

BATANGHARI, JEKTVNEWS.COM - Jelang kepulangan jemaah haji ke Kabupaten BATANGHARI, Kemenag BATANGHARI telah melakukan persiapan. Salah satunya pemberian air zamzam yang nantinya akan diperuntukan bagi para jemaah.

Sebanyak 175 dus yang berisikan galon air zamzam telah dipersiapkan oleh Kemenag Batanghari, untuk nantinya dibagikan kepada para jemaah haji, seusai pulang atau tiba di Batanghari. Sesuai kebijakan otoritas Pemerintah Arab Saudi, jemaah haji tidak diperkenankan membawa bekal atau oleh-oleh berupa air zamzam, sehingga Pemerintah pun memfasilitasi untuk mempersiapkan dari air zamzam tersebut. 

BACA JUGA:Captain Eustass Kid: Si Pemberontak Berambisi yang Menantang Yonkou

Kasi Umroh dan Haji Kemenag Batanghari Helmi mengatakan, jika secara aturan setiap jemaah haji akan dibatasi terhadap pemberiaan air zamzam, dengan sebanyak lima liter. 

Penyerahan itu pun akan dilakukan di Kantor Kemenag daerah setempat bersamaan tas bagasi milik jemaah, yang di akomodir oleh petugas haji. Skema pembagian tersebut diterapkan dengan tujuan, untuk lebih menjaga ketertiban para jemaah.

BACA JUGA:Si Hijau Kangkung Serbaguna dengan Olahan yang Menggugah Selera

“Tidak dibolehkan untuk membawa air zamzam di pesawat karena air zamzam untuk jemaah sekarang sudah ada di kabupaten masing-masing dan nanti akan diserahkan barengan sama zamzam untuk masing-masing jemaah itu satu galon berisi air zamzam. Ini dapat dipahami para jemaah maupun pihak keluarga sebagai bentuk menaati aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah di pusat maupun pemerintah Arab Saudi,” ujar Helmi, Kasi Haji Kemenag Batanghari.

Helmi berharap, penerapan pembatasan air zamzam ini dapat dipahami para jemaah maupun pihak keluarga, sebagai bentuk menaati aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat maupun Pemerintah Arab Saudi.

Sumber: