PJ Bupati Raden Najmi Minta Pemdes untuk Memanfaatkan Lahan Agar Produktif

PJ Bupati Raden Najmi Minta Pemdes untuk Memanfaatkan Lahan Agar Produktif

Raden Najmi PJ Bupati Muaro Jambi-Jektvnews-

MUARO JAMBI, JEKTVNEWS.COM - PJ Bupati mengajak Kades untuk memanfaatkan lahan perkarangan menjadi produktif, yakni dengan menanam sayur-sayuran, terutama cabai.

Untuk menjaga ketersediaan pangan, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi merencanakan akan menganggarkan dana di setiap desa untuk memanfaatkan lahan perkarangan yang ada di wilayah masing-masing, agar menjadi lahan yang produktif. Sehingga, akan menjamin ketersedian bahan pangan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA:Seluruh Fraksi DPR RI Sepakati Pembahasan Lanjutan RPP Kebijakan Energi Nasional

PJ Bupati Raden Najmi mengatakan, ada dua hal yang menyebabkan inflasi, yakni kurangnya ketersediaan dan lonjakan permintaan dari masyarakat. Agar ketersedian dapat terjamin, PJ Bupati meminta Kepala Desa untuk memanfaatkan lahan secara terpadu dengan menanam berbagai jenis tanaman, terutama cabai dan sayur yang cepat panen. Sehingga kedepan dapat menjamin ketersediaan pangan guna menjaga inflasi di kabupaten muaro jambi. 

“Melalui komunikasi dan koordinasi di antara Kabupaten dengan desa jadi upaya kita untuk mempertahankan ketersediaan pangan ini di Kabupaten muaro jambi terutama untuk menekan angka inflasi Insyaallah akan berhasil.  Hasil panen jenis pangan hortikultura yang dijual di Pasar saat ini sebagian didatangkan dari daerah luar Kabupaten sehingga harganya cukup tinggi di pasar.  Kedepan dengan adanya gerakan pemanfaatan lahan yang ada di setiap Desa, komoditas hortikultura yang dijual merupakan hasil panen para petani lokal boroami dengan harga yang terjangkau,” ujar Raden Najmi, PJ Bupati Muaro Jambi.

BACA JUGA: Muslim Harapkan Jurnalis di Kota Jambi Dapat Terus Menyuarakan Hak Masyarakat

Hasil panen jenis pangan hortikultura yang dijual di pasar, saat ini sebagian didatangkan dari daerah luar kabupaten, sehingga harganya cukup tinggi di pasar. Kedepan, diharapkan dengan adanya gerakan pemanfaatan lahan yang ada di setiap desa, komoditas hortikultura yang dijual di pasar merupakan hasil panen para petani lokal Muaro Jambi dengan harga yang terjangkau.

Sumber: