Hari Kedua PPDB SMP, Antusias Para Orang Tua Silih Berganti Antar Daftar ke Sekolah

Hari Kedua PPDB SMP, Antusias Para Orang Tua Silih Berganti Antar Daftar ke Sekolah

Pauzan Najri Kepala SMP 2 Kuala Tungkal-Jektvnews-

TANJAB BARAT, JEKTVNEWS.COM - Per 1 Juli hingga 6 Juli mendatang merupakan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB tingkat SMP. Dihari kedua PPDB ini, terlihat antusias para orang tua mengantar anak mereka mendaftar di sekolah yang diinginkan, hal ini seperti terlihat di SMP Negeri 2 Kuala Tungkal.

Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB ditingkat SMP telah dimulai pada 1 Juli ini, yang mana PPDB tingkat SMP ini masih menggunakan sistem offline atau mendaftar langsung kesekolah yang diinginkan. Sebab sistem zonasi masih berlaku pada PPDB tahun 2024 ini atau PPDB masih sama seperti tahun 2023 lalu, yakni masih mengacu pada Juknis Permendikbud yang berlaku.

BACA JUGA:Kolaborasi - Kerjasama Antara Disway Network - B Universe

Meski demikian, dihari kedua PPDB tingkat SMP ini para calon siswa SMP terlihat silih berganti mendaftar maupun melihat persyaratan pendaftaran. Hal ini seperti terlihat di SMP 2 Kuala Tungkal.

Kepala SMP 2 Negeri Kuala Tungkal Pauzan Najri mengatakan, bahwa pada hari kedua PPDB di SMP yang ia pimpin ini, PPDB masih dalam kategori aman yakni bagi calon siswa yang mendaftar dapat melihat persyaratan yang telah ditempel panitia dan dapat langsung melengkapi berkas pendaftaran. Selain itu, berkas dapat diantarkan langsung ke sekolah, sebab sistem PPDB masih sistem offline. 

BACA JUGA:Pantarlih Harus Lebih Teliti dan Cermat

Dijelaskan Pauzan, nantinya daya tampung yang dimiliki SMP 2 Kuala Tungkal, yakni sebanyak 192 siswa. Meski demikian, Pauzan memastikan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB di SMP 2 ini akan tetap mengkuti juknis sesuai aturan yang berlaku.

“SMP Negeri 2 Kuala Tungkal untuk PPDB tahun ini tetap menggunakan sistem online dan offline, mereka sudah bisa mendaftar sekitar 2 minggu sebelum tanggal 1 Juli.  Jumlah yang mendaftar online itu sekitar 120 orang kemudian sekarang hari kedua untuk proses offline, dihari kedua ini yang mendaftar sudah sekitar 165 orang tentu dari bahan-bahan itu bisa jadi terus bertambah menjelang hari selesainya PPDB yaitu tanggal 6 dan terus kami merekap untuk bahan-bahan yang masuk,” ujar Pauzan Najri, Kepala SMP 2 Kuala Tungkal, Selasa (2/7).

BACA JUGA:Partai Golkar di Pilkada Wali Kota Jambi, Siap Daftarkan Budi Setiawan ke KPU

“Melihat dari poin-poin penting dalam wilayah apa mereka masuk untuk pendaftaran tersebut spakah zonasi afirmasi kemudian prestasi ataupun perpindahan orang tua. Kemudian nanti Insyaallah tanggal 5 akan kami umumkan sementara para siswa yang masuk sehingga yang tidak masuk mereka bisa mengambil bahan mereka dan bisa mendaftar di sekolah yang lain,” pungkasnya.

Lebih lanjut Pauzan menegaskan, disekolah yang ia pimpin dipastikan sesuai aturan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB tahun 2023. Pihak sekolah mengikuti juknis sesuai aturan yakni dimulai sejak tanggal 1 Juli hingga 06 Juli. Dan tetap mengikuti sistem zonasi, yakni jalur afirmasi, jalur zonasi, jalur prestasi, dan jalur perpindahan kerja orang tua.

Sumber: