Operasi Pembasahan Lahan Gambut dalam Rangka Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)

Operasi Pembasahan Lahan Gambut dalam Rangka Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)

Ratusan mahasiswa Universitas Jambi dan perguruan tinggi lainnya di Jambi mengikuti Simulasi Operasi Pembasahan Lahan Gambut-Jektvnews-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Ratusan mahasiswa Universitas JAMBI dan perguruan tinggi lainnya di JAMBI mengikuti Simulasi Operasi Pembasahan Lahan Gambut dalam Rangka Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang  diselenggarakan pada Rabu, 12 Juni 2024 di Lapangan Sepak Bola UNJA Mendalo.

Ratusan mahasiswa Universitas Jambi dan perguruan tinggi lainnya di Jambi mengikuti Operasi Pembasahan Lahan Gambut dalam Rangka Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dengan tema ‘Learning & Training to Improve Knowledge and Awareness in Forest  Fire Management, yang  diselenggarakan pada Rabu, 12 Juni 2024 di Lapangan Sepak Bola UNJA Mendalo.

Dalam simulasi ini melibatkan dan hadir dalam kegiatan ini Gubernur Provinsi Jambi yang diwakili oleh, Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Provinsi Jambi, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) KOMDA Jambi, TNI, Polri, Forkopimda, BPBD, dan Manggala Agni, serta instansi terkait lainnya.

BACA JUGA:Mahasiswa PBSI Universitas Jambi Gelar Pameran Jurnalistik

Selaku Rektor Universitas Jambi Prof. Helmi menjelaskan kegiatan ini ialah dalam rangka pencegahan dan sebagai bentuk kepedulian agar kebakaran hutan dan lahan tidak berdampak buruk baik semua baik lingkungan, ekonomi, sosial maupun budaya.

Lebih lanjut Rektor UNJA menambahkan agenda ini merupakan agenda rutin saat musim kemarau tiba, menurut nyadalam empat tahun terakhir karhutla dapat ditanggulangi dan berkurang dampak negatifnya di Jambi.

Disamping itu, simulasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam memperkuat sinergi antara lembaga pendidikan dan pemerintah, dalam upaya pencegahan Karhutla. Dengan semangat kolaborasi dan edukasi, diharapkan bahwa tindakan preventif dapat diimplementasikan lebih efektif, sehingga hutan dan lahan gambut yang berharga dapat terjaga dengan baik.

BACA JUGA:Kejaksaan Kembalikan Uang Kerugian Negara ke Baznas Tanjab Timur

“Dalam rangka kegiatan ini, untuk berkolaborasi dalam peninjauan terjadinya kebakaran agar bisa cepat mengantisipasi di kawasan gambut dan hutan,” Prof.Dr Helmi SH.MH, Rektor Universitas Jambi, Rabu (12/6).

Staf Ahli Gubernur Jambi, Muktamar Hamdi mengatakan kegiatan ini merupakan sinergitas Pemprov Jambi unsur Forkopimda dan Satgas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan yang selama ini sudah bekerja dengan sangat baik. Melalui simulasi ini tentu akan semakin meningkatkan koordinasi dan kelaborasi, terkhusus pada mahasiswa diharapkan dapat menjadi pionir untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam pencegahan terjadinya kebakaran.

BACA JUGA:Aksi Demonstrasi Mahasiswa di Halaman Gedung DPRD Provinsi Jambi Diwarnai Aksi Saling Dorong

“Melalui proses pengendalian kebakaran, kita juga melihat mahasiswa untuk mengasih ilmu dalam mencegah terjadinya kebakaran dan juga terutama di lingkungan masyarakat,” terang Muktamar Hamdi, Staf Ahli Gubernur Jambi, Rabu (12/6).

Sumber: