Persiapan Kades Tangguh Awards Tingkat Kabupaten Batanghari

Persiapan Kades Tangguh Awards Tingkat Kabupaten Batanghari

Persiapan Kades Tangguh Awards Tingkat Kabupaten Batanghari pada saat ini masuk proses tahap penginputan-Jektvnews-

BATANGHARI, JEKTVNEWS.COMPersiapan Kades Tangguh Awards Tingkat Kabupaten BATANGHARI pada saat ini masuk proses tahap penginputan, pendaftaran sekaligus Persiapan. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, Taufiq Rabu (05/06/2024).

Terkait persiapan Kades Tangguh Awards Tingkat Kabupaten Batanghari saat ini sudah memashuki proses tahap proses penginputan,  sekaligus persiapan data-data masing-masing desa yang akan mengikuti lomba kades tangguh yang terdiri dari 110 desa yang ada di kabupaten batang hari dari 8 wilayah kecamatan yang ada.

Kegiatan penginputan ini akan kita laksanakan mulai tanggal 5 - 7 Juni 2024 , setiap harinya akan kita laksanakan  di 3 kecamatan yang mengikuti rangkaian proses penginputan data yang disiapkan oleh masing-masing desa untuk dijadikan sebagai bahan awal bagi panitia untuk menentukan kesiapan secara administrasi bagi seluruh desa yang mengikuti lomba kades tangguh pada tahun 2024 ini.

BACA JUGA:Waka DPRD Jambi Pinto Minta PLN Bayar Kompensasi Kepada Pelanggan

Sementara itu ada 7 kategori dalam kades tangguh award ini meliputi , kades favorit , kades terdepan , kades agamis , kades nyaman , kades gotong royong , kades bermutu  dan kades harmonis.

Salah satu kriteria yang di harapkan sesuai dengan persyaratan yang ada bahwa seluruh desa yang mengikuti lomba kades tangguh ini yang pertama harus menyiapkan data-data terkait kegiatan - kegiatan yang sudah dan telah dilaksanakan mulai dari tahun 2023 sampai tahun 2024 yang sedang berjalan ini, itu salah satu data yang menentukan bisa atau tidaknya desa-desa mengikuti pada tahap selanjutnya di samping data-data inilah nanti yang akan dijadikan dasar panitia tim penyeleksi akan menentukan desa masuk atau tidaknya pada tahapan selanjutnya. 

Perlombaan ini merupakan bentuk penghargaan termasuk apresiasi yang diberikan oleh Bapak Bupati yang dikaitkan dengan apa yang menjadi visi-misi Bapak Bupati terkait Batanghari Tangguh, moment inilah yang diharapkan untuk dapat kita laksanakan pada lomba desa tahun ini. 

BACA JUGA:Perkuat Sinergi BTN, DPD REI dan Apersi Diskusi Bersama

“Insya Allah kegiatan penghimpunan ini akan kita laksanakan mulai tanggal 5 Juni sampai 7 Juni pada tahun 2024 yang setiap harinya akan kita laksanakan tiga Kecamatan yang mengikuti rangkaian proses penginput data-data yang disiapkan oleh masing-masing desa,” ucap Taufiq, Kepala Dinas PMD Batanghari, Rabu (5/6).

“Untuk kriteria yang diharapkan sesuai dengan persyaratan yang ada bahwa seluruh desa yang ingin mengikuti lomba Kades Tangguh ini yang pertama harus menyiapkan data-data terkait kegiatan-kegiatan yang sudah dan telah dilaksanakan mulai dari tahun 2023 sampai dengan tahun 2024,” lanjutnya.

Harapan nya pada seluruh kades dari 110 kades yang berada dalam wilayah Kabupaten Batanghari ini berharap agar kiranya bisa ikut berpartisipasi dalam mengikuti lomba kades award 2024 , karna ini akan kita jadikan sebagai ajang tolak ukur bagi kita untuk melihat sudah sejauh mana seluruh desa bisa melaksakan tugas rutinitasnya ataupun dengan upaya pemerintah desa untuk membangun sinergisitas kepada pemerintah daerah.

BACA JUGA:Batanghari Capai Terbaik Penurunan Angka Stunting Dari 26,3 Persen Turun Hingga 10.01 Persen

Dan juga  kita jadikan sebagai bentuk tolak ukur melihat sejauh mana tingkat perhatian , kepeduluan, kerjasama, koordinasi  termasuk sinergisitas oleh pemerintah daerah dalam jargonnya itu membangun sinergisitas pemerintah daerah bersama pemerintah desa.

Sumber: