Petugas Damkar Evakuasi Biawak Masuk ke Rumah Warga

Petugas Damkar Evakuasi Biawak Masuk ke Rumah Warga

Petugas Damkar evakuasi biawak di rumah warga-Jektvnews-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran KOTA JAMBI berhasil mengevakuasi seekor biawak yang masuk ke dalam rumah warga. biawak tersebut dievakuasi saat bersembunyi di bak penampungan air di dalam kamar mandi.

Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi mengevakuasi seekor biawak yang masuk kedalam rumah warga di RT.11, Kelurahan Simpang 4 Sipin, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Sabtu sore (18/05/2024).

Petugas damkar turun ke lokasi setelah mendapat laporan dari pemilik rumah, bahwa ada seekor biawak yang bersembunyi di bak air kamar mandi.

BACA JUGA:Ketua TP PKK Provinsi Jambi Gencar Lakukan Promosi Budaya Adat Jambi

Pemilik rumah meminta bantuan damkar untuk menangkap biawak sepanjang hampir satu meter itu. Berbekal tali dan alat grab stik, petugas damkar akhirnya berhasil menangkap biawak tersebut.

Dalam proses evakuasi ini, petugas damkar membutuhkan waktu selama 41 menit. Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi, Mustari Affandi mengatakan, pihaknya menerjunkan 5 orang personel dalam evakuasi biawak masuk ke rumah warga ini.

Biawak dengan berat diperkirakan mencapai 5 kilogram tersebut diketahui tengah mencari mangsa.

BACA JUGA:Pentingnya Lembaga Survei di Pilkada 2024

“Pada sore ini kami dari tim rescue pemadam kebakaran dan penyelamatan menerima laporan dari warga RT 11 adanya biawak yang masuk ke kamar mandi milik warga,” ujar Mustari Affandi , Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi, Sabtu (18/5).

“Ukuran biawaknya kurang lebih sekitar 1 m dengan berat kurang lebih 3-5 kilo. Kebetulan saat itu biawak ini sedang mencari mangsa oleh karena itu kondisi ini sangat berbahaya, maka kita turunkan 5 orang personil untuk melakukan evakuasi,” lanjutnya.

Yanto, pemilik rumah mengucapkan terimakasih kepada Petugas Damkar dan penyelamatan Kota Jambi yang telah berhasil mengevakuasi biawak dari dalam rumahnya.

BACA JUGA:Peningkatan Literasi dan Pelestarian Aksara Incung Jadi Fokus Duta Bahasa Jambi 2024

“Saya ucapkan terima kasih atas evakuasi hewan biawak di rumah saya yang dilakukan Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi. Semoga selalu diberi kesehatan dan lindungan oleh Allah subhanahu wa taala,” ucap Yanto, pemilik rumah, Sabtu (18/5).

Selian pemadaman kebakaran, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi juga berkomitmen  memberi bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan, mulai dari penyelamatan dari hewan liar dan hewan peliharaan, evakuasi sarang lebah serta tugas-tugas rescue lainnya.

Sumber: