Ketua TP PKK Provinsi Jambi Gencar Lakukan Promosi Budaya Adat Jambi

Ketua TP PKK Provinsi Jambi Gencar Lakukan Promosi Budaya Adat Jambi

Hesnidar promosi adat jambi-Jektvnews-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Provinsi Jambi merupakan salah satu provinsi yang memiliki keunikan dalam ragam adatnya. Adat ini sendiri selain diartikan sebagai aturan-aturan yang mengatur kehidupan sosial juga mengandung unsur nilai seni yang digemari banyak orang.  Untuk melestarikannya, Ketua TP PKK Provinsi Jambi sedang gencar melakukan sosialisasi dan promosi kepada masyarakat.

Dengan mengenakkan gaun khas Jambi yang tampak anggun serta dengan hiasan dekorasi khas adat Kerinci perpaduan batik incung Kerinci dan batik Jambi, Hesnidar Haris Ketua TP PKK Provinsi saat di wawancarai mengatakan, agenda sosialisasi dan promosi yang dilakukannya pada hari ini Senin 20 Mei 2024, sebagai ajang untuk melestarikan kearifan lokal budaya dan adat di Provinsi Jambi.

BACA JUGA:Harkitnas ke-116 Sekda Azan Tabur Bunga di taman Makam Pahlawan Batanghari

Kegiatan yang dilakukan di kediamannya di Lorong Ibrahim Kota Jambi ini dilakukan selain untuk pelestarian adat sebagai seni, juga untuk memberikan pemahaman nilai bahwa adat di Provinsi Jambi khususnya adat Kerinci yang bernama Umah Dahin yang di promosikan ini mengandung nilai gotong royong yang telah dilakukan leluhur sejak dahulu.

Lebih lanjut istri Gubernur Al Haris ini menjelaskan, nilai gotong royong ini sendiri dahulunya telah dipraktikkan saat acara pernikahan yang digelar leluhur, yakni para tetangga dengan kompak membantu perlengkapan pengantin dalam berhias saat hari perayaan.

BACA JUGA:Warga Pelayangan Blokade Lintasan Tongkang Batu Bara Sebelum Perbaiki Jembatan

Ia berharap nilai-nilai ini juga diterapkan oleh generasi sekarang, karena adat Jambi tidak hanya berbicara kekayaan alam tak benda saja, namun juga nilai nilai budi pekerti luhur yang telah dicontohkan seperti generasi terdahulu.

BACA JUGA:Rapat Paripurna DPRD Kota Jambi Rekomendasi Hasil Tindak Lanjut BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi

“Sesungguhnya budaya Jambi ini sangatlah luar biasa, saya keliling ke berbagai daerah dan desa, banyak sekali hal yang unik dan saya merasa bahwa ini perlu kita angkat kembali, karena merupakan warisan nenek moyang kita. Oleh karena itu pernikahan anak kami Muhammad Rifaldi dan Marisa akan diadakan pengajian dan khatam Al-Qur'an sebelum pernikahan, kami akan menggunakan adat Kerinci dan Sungai Penuh,” ujar Hesnidar Haris , Ketua TP PKK Provinsi Jambi , Senin (20/5).

Sumber: