Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi Menggelar Sosialiasi Autentikasi Arsip Statis

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi Menggelar Sosialiasi Autentikasi Arsip Statis

Sosialiasi autentikasi arsip statis dan pengukuhan asosiasi arsiparis indonesia-Jektvnews-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan KOTA JAMBI menggelar sosialiasi autentikasi arsip statis dan pengukuhan asosiasi arsiparis indonesia. Sosialisasi dan pengukuhan tersebut diikuti oleh 30 peserta yang merupakan arsiparin perangkat daerah dilingkungan Pemerintah KOTA JAMBI.

Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kota Jambi menggelar sosialiasi autentikasi arsip statis dan pengukuhan asosiasi arsiparis indonesia (AAI) cabang Kota Jambi periode tahun 2024 – 2027. Di aula inspektorat Kota Jambi Selasa 7 Mei 2024.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Andi Kasman. Asisten 3 Jaelani , Kadis Ke Arsipan dan Perpustakaan Kota Jambi Arzi Efendi dan Forkopimda  lainnya.

BACA JUGA:Daftar ke PKB Bacalon Bupati dan Wabup Fadhil Bahtiar Harap Bangun Koalisi Kembali

Sosialisasi dan pengukuhan tersebut diikuti oleh 30 peserta yang merupakan arsiparin perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Kota Jambi.

Pengukuhan tersebut dikukuhkan langsung oleh Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Andi Kasman. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan mutu SDM kearsipan dan meningkatkan kinerja kearsipan khusunya di Kota Jambi.

"Terima kasih, berkaitan dengan sosialisasi autentikasi arsip atau dokumen perusahaan itu sangat penting artinya dalam konteks pembuktian jadi arsip itu adalah alat bukti, alat bukti keperdataan, alat bukti sah di pengadilan, apa diwajibkan harus mendapatkan yang autentik. Apabila tidak autentik, tidak bisa jadi alat bukti, itu adalah tujuan dari alat bukti di Indonesia, sehingga sangat penting di dalam konteks pembuktian pengadilan bukan hanya hak keperdataan baik oleh rakyat maupun oleh pemerintah,” jelas Andi Kasman , Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan , Selasa (7/5).

BACA JUGA:BEM FEB Unja Menyampaikam Aspirasi Kepada Bersama Wakil Rektor Terpilih Fauzi Syam

“Jadi ada pembuktian hak-hak keperdataan rakyat, oleh karennya maka semua arsip atau dokumen itu harus autentik, yang menjadi persoalan adalah banyak arsip-arsip yang ditayangkan kepada publik yang bersifat hoax apalagi di era hari ini. Semua itu jadi masalah Oleh karena itu undang-undang mensyaratkan semua informasi yang basicnya arsip atau dokumen harus otentik, legal, utuh, lengkap, dan terpercaya itu semua diatur undang-undang,” lanjutnya.

Sementara itu , Asman mengatakan , sosialiasi autentikasi arsip sangatlah penting dalam konteks pembuktian yang merupakan alat bukti sah dalam pengadilan , untuk saat ini dalam persoalannya adalah banyak arsip arsip yang di tayangkan kepada publik itu berita hoaks , di era modern ini sangatlah perlu ke arsipan yang bersifat autentik atau bersifat legal.

Selain itu , Jaelani mengakui sangatlah berterimakasih dan apreriasi kepada AAI , yang membantu dari waktu ke waktu di karenakan Pemerintah Kota Jambi mengalami keterbatasan SDM.

BACA JUGA:Al Haris-Abdullah Sani Gaspol Lanjutkan Jambi Mantap Jilid II

"Tentu yang pertama kami mewakili Pemerintah Kota Jambi wali kota menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Republik Indonesia di tengah-tengah kesibukan beliau, Pak Deputi beserta Pak Sen berkenan hadir dalam pelantik kepengurusan di Kota Jambi, ucapan terima kasih juga kami tunjukan kepada Pak Kadis beserta salah satu aksarisnya tentu ini menjadi ke semangat baru motivasi kami untuk terus mengatur arsip-arsip yang ada, apalagi nanti ke depan kita sudah akan memasuki era digitalisasi," ujar Jaelani Asisten 3, Selasa (7/5).

Sumber: