5 Kelurahan di Kota Jambi Bersaing Dalam Perlombaan Kelurahan Berprestasi di Kota Jambi

5 Kelurahan di Kota Jambi Bersaing Dalam Perlombaan Kelurahan Berprestasi di Kota Jambi

Penjabat Wali Kota, Sri Purwaningsih-Jektvnews-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Lima kelurahan di KOTA JAMBI bersaing ketat dalam ajang perlombaan kelurahan berprestasi di KOTA JAMBI. Para lurah diminta untuk menjelaskan bagaimana mereka menjalankan pemerintahan , pembangunan , dan mengatasi permasalahan yang ada di kelurahan mereka.

Dalam pemilihan kelurahan berprestasi ini PJ Walikota Jambi Sri Purwaningsih, memimpin langsung penjurian yang di lakukan di Griya Mayang , Rumah Dinas Wali Kota Jambi. Senin (29/04/2024).

BACA JUGA:Maju Bakal Calon Perseorangan, KPU Tanjab Barat Sebut Wajib Memiliki Syarat Dukungan 23.459 Jiwa

Lima kelurahan yang termasuk ke dalam lima kelurahan yang berprestasi diantaranya , Kelurahan Kenali Asam Atas , Kelurahan Selamat , Kelurahan Paal Merah , Kelurahan Kenali Besar dan Kelurahan Sungai Asam.

Sri Purwaningsih menjelaskan proses penilaian yang dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari dirinya sendiri , Sekretaris Daerah , Ketua PKK Kota Jambi , dan Asisten Daerah Bidang Pemerintahan. 

“Ada banyak pertanyaan yang kami berempat ini sampaikan kepada para lurah. Masing-masing dari kami punya ruang untuk mencermati dari hasil paparan yang dilakukan oleh para lurah. Dan para lurah sudah berfokus terkait dengan bagaimana penanganan sampah-sampahnya di masing-masing wilayahnya. Dari pertanyaan yang disampaikan oleh juri tadi, kebetulan topik sampah itu menjadi dominasi pertanyaan dari Pak Sekda, hampir semua lurah menunjukkan bahwa mereka sampai menjadi lima besar itu dalam konteks penanganan sampah mereka juga sudah lakukan dengan baik,” ucapnya, Senin (29/4).

BACA JUGA:Pasca Lebaran, Pergerakan Arus Balik Menurun Hingga 60 Persen

“Tadi ada yang presentasi bahwa kami juga sudah melakukan yang namanya patroli, kami siapkan penjaga dan yang lain-lainnya, dari yang tadinya tempat pembuangan sampah liar sekarang ini, menjadi tertata dan rapih. Ini adalah bentuk dari bagaimana kita memilih bahwa memang lurah-lurah ini layak untuk kita masukkan ke dalam lurah yang berprestasi, karena sudah konsen terhadap penanganan-penanganan sampah bahkan ada yang tadi sudah memilah langsung dari sumbernya itu juga dilakukan,” tambahnya.

Proses penilaian ini difokuskan pada beberapa aspek , termasuk pelaksanaan pemerintahan , pembangunan , koordinasi dengan instansi terkait , serta kontribusi PKK di masing-masing kelurahan. Para lurah diminta untuk menjelaskan bagaimana mereka menjalankan pemerintahan , pembangunan , dan mengatasi permasalahan yang ada di kelurahan mereka.

BACA JUGA:Haul dan Halal Bihalal Masyarakat Tanjung Raden, Gubernur Al Haris: Sekoja Adalah Kota Santri

Sementara itu , Sri juga menyebutkan proses penilaian ini diharapkan dapat memberikan penghargaan kepada kelurahan-kelurahan yang telah memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan dan kebersihan lingkungan.

Sumber: